Tanya Dokter

  • Perhitungan masa subur wanita

  •  Deazzam Wan
    Anggota
    Assalamualaikum Selamat Malam Dok Saya mau bertanya.. istri saya terakhir haid itu tanggal 27 oktober dan saya berhubungan badan tanggal 5 november... Saya memakai kondom Mani saya encer Ketika ejakulasi dan sperma keluar tidak langsung sya cabut.. kemudian tidak lama saya cabut dn penis sya sudah mengecil namun tidak sya temukan sperma yg berceceran di kondom.. Pertanyaan nya Tanggal nya sudah masa subur atau belum Kemungkinan hamil atau tidak dgn kondisi sya memakai kondom dn berdasarkan cerita diatas Terimakasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Masa subur merupakan suatu masa pada wanita dimana terjadi pelepasan dari sel telur wanita ke dalam rahim untuk dibuahi oleh sel sperma. Masa subur ini biasanya terjadi pada hari ke 10 hingga hari ke-17 setelah hari haid pertama sebelumnya. Namun dengan catatan siklus menstruasi istri Anda teratur siklus haid 28 hari setiap bulannya.

    Selain menghitung, ada beberapa tanda yang dapat diamati pada seorang wanita yang memasuki masa subur, yaitu:

    • Ukur suhu basal tubuh
    • Cek lendir serviks. Biasanya pada wanita yang berada dalam masa subur, lendir dari vagina akan tampak bening seperti putih telur, encer dan keluar dengan jumlah yang sangat banyak.
    • Timbulnya kram ringan pada perut
    • Menggunakan alat untuk mendeteksi ovulasi yang dapat Anda peroleh di apotek

    Untuk kemungkinan dari kehamilan, bergantung pada apakah istri Anda memang dalam masa subur atau tidak. Kondom sendiri memiliki tingkat efektivitas cukup tinggi untuk mencegah kehamilan sekitar 80-90% bila benar pemakaiannya.

    Bila Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk menentukan kontrasepsi apa yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda dan istri bila ingin menunda kehamilan untuk sementara waktu. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    Sebagai tambahan informasi Anda dapat membaca artikel berikut: Masa subur pria

    dr. Winda Indriati