Tanya Dokter

  • Cara menghitung masa subur

  •  Dya Mumud
    Anggota
    Salam Bpk/Ibu dokter, saya ingin bertanya, siklus normal haid saya 28 hari, di Bulan Lalu saya Haid tgl 8 oktober dan di bulan november ini di tgl 4,5,6 saya hanya mengeluarkan flek kecoklatan trus di tgl 7 baru keluar deras darah haid, jd flek coklat selama 3 hari tersebut apakah itu sudah dikatakan Datang Haid dok? dan bagaimana di bulan ini cara untuk menghitung masa subur saya dok? Trims

    Halo,

     

    Ya, menstruasi adalah keluarnya/ meluruhnya dinding rahim yang tidak dibuahi akibat pengaruh hormonal pada wanita. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya darah haid. Walau cuma berupa flek namun hal ini menandakan bahwa Anda sudah mengalami menstruasi karena flek tersebut diikuti dengan darah hail seperti normal pada umumnya.

    Jika siklus Anda selalu teratur setiap 28 hari maka untuk menghitung masa ovulasi Anda adalah dengan melakukan metode kalender yaitu 14 hari sesudah hari pertama haid terakhir Anda. Ini berarti masa ovulasi akan berkisar pada tanggal 18 november mendatang.

    Masa subur adalah masa 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari sesudah ovulasi. Maka dengan patokan ini bisa dikatakan bahwa masa subur Anda berkisar dari tanggal 16 november hingga 21 november. Pada masa ini sel telur bisa dibuahi untuk terjadinya kehamilan.

    Selain metode kalender, masa subur bisa dinilai dari =

    1. Penilaian lendir vagina yang semakin encer.
    2. Menghitung suhu basal dimana saat masa subur suhu tubuh akan sedikit lebih tinggi.
    3. Menggunakan strip ovutest untuk menilai masa subur.

    Untuk mempermudah kehamilan Anda dapat melakukan hubungan intim saat masa subur berlangsung.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi