Tanya Dokter

  • Penentuan masa subur seorang wanita

  •  Idha Gunawan
    Anggota
    Pagi dok saya mau tanya,saya haid stiap tgl 16,,brti masa sbur nya tgl brph yah??jwbn nya sya tunggu

    Hai,

    Masa subur merupakan suatu periode waktu menjelang dan sesudah ovulasi / pelepasan sel telur terjadi. Ovulasi dapat diperkirakan terjadi 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Masa subur dapat diperkirakan berlangsung 3 hari sebelum sampai 3 hari sesudah ovulasi terjadi. Sehingga, apabila Anda memiliki siklus haid 28 hari yang teratur setiap bulannya, ovulasi/pelepasan sel telur akan diperkirakan terjadi pada hari ke 14 setelah hari pertama menstruasi sedangkan masa suburnya ialah hari ke-11 sampai dengan hari ke-17 terhitung sejak hari pertama menstruasi terakhir.

    Siklus haid seseorang dapat dihitung dari hari pertama menstruasi pertama ke hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus haid normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali. Hari pertama menstruasi ini menjadi patokan, karena normalnya menstruai akan berlangsung selama 2-7 hari. Terdapat metode lain untuk menghitung masa subur, klik link artikel berikut untuk melihatnya.

    Berhubungan badan di masa subur akan meningkatkan kemungkinan hamil, namun tidak menjamin 100% akan hamil karena terdapat banyak faktor yang memengaruhi kesuburan seseorang, mis. usia ibu, kesehatan organ kandungan dan kesehatan sperma. Baca juga artikel menarik lainnya tentang merencanakan kehamilan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma