Tanya Dokter

  • Cara praktis untuk menghitung masa subur yang sesuai dengan siklus saya

  •  dina mekasari
    Anggota

    Assalammualaikum dok , siklus menstrusi saya kadang 25 kadang 26 hari dengan masa haid 3 hari/ 4 hari apakah itu termasuk normal dok. Saya lagi program hamil cara menghitung masa subur saya gimana ya dok dengan siklus seperti itu. saya udah beli ovutest yg menggunakan air liur tp tdk ada daun pakis hanya gelembung2 aja jd saya agak bingung menghitung masa subur saya..

    Halo,   Siklus menstruasi Anda masih termasuk dalam range normal. Pada prinsipnya siklus menstruasi normal datang setiap 21-35 hari dengan lama periode 3-7 hari setiap siklusnya. Untuk mengetahui masa subur Anda maka beberapa metode bisa digunakan antara lain adalah :

    1. Metode ovutest = menggunakan alat seperti testpask kehamilan untuk mengetahui kapan masa subur Anda.
    2. Metode suhu basal dan lendir vagina = pada masa subur (ovulasi) biasanya suhu basal tubuh seorang wanita akan sedikit meningkat (subfebris) diikuti dengan pengeluaran cairan vagina yang bening dan liat (tidsak mudah putus) seperti ingus.
    3. Kalkulator masa subur. Pada kalkulator ini Anda bisa mengetahui kapan masa ovulasi Anda (keluarnya sel telur dari ovarium). Masa subur adalah 3 hari sebelum ovulasi hingga 2 hari sesudah ovulasi.
    Pada prinsipnya masa subur terjadi sekitar 12 hari - 15 hari sebelum periode siklus menstruasi Anda selanjutnya. Dengan siklus teratur Anda , maka Abda dapat menghitung sendiri masa subur Anda. Contoh, jika siklus Anda 26 hari dengan lama 4 hari. Anda mendapat haid tgl 1 mei (hari pertama haid) sampai tanggal 4 mei. Dan Anda akan mendapat haid kembali tlg 26 mei. Berarti masa subur Anda adalah tanggal 11 - 14 mei. Tanggal 11 didapat dari tanggal 26 -15 hari = 11 dan tanggal 14 dari 26 - 12 hari = 14. Baca topik masa subur. Baca artikel Tips jitu untuk cepat hamil. Semoga membantu.   dr. Yusi