Tanya Dokter

  • Perhitungan masa subur dan siklus menstruasi

  •  Dewi Anjani
    Anggota
    Dok saya mau tanya haid saya bulan oktober tanggal 16 kira2 masa subur saya kapan n haid berikut bulan november tanggal berapa

    Hai Dewi,

    Perlu diketahui bahwa perhitungan masa subur setiap wanita dapat berbeda-beda tergantung pada siklus menstruasinya. Oleh karena itu untuk dapat menghitung masa subur Anda dan memperkirakan tanggal haid berikutnya tentunya terlebih dahulu harus diketahui siklus menstruasi Anda.

    Adapun siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya, di mana normalnya siklus menstruasi berkisar antara 21-35 hari. Sebagai contoh, bila hari pertama menstruasi adalah pada tanggal 18 September dan 16 Oktober maka siklus menstruasi pada bulan itu adalah 28 hari. Lakukan pencatatan tanggal menstruasi Anda selama setidaknya 6-8 bulan untuk menilai keteraturan siklus menstruasi Anda.

    Bila siklus menstruasi Anda telah diketahui maka tanggal menstruasi berikutnya akan dapat diperkirakan. Sebagai contoh, bila siklus menstruasi teratur setiap 28 hari dan hari pertama haid adalah pada tanggal 16 Oktober, maka dapat diperkirakan bahwa menstruasi berikutnya akan terjadi pada tanggal 13 November.

    Bila siklus menstruasi teratur setiap 28 hari maka masa subur akan terjadi pada hari ke 12-16 dihitung dari hari pertama menstruasi. Namun masa subur akan bergeser maju atau mundur jika siklus menstruasi kurang atau lebih dari 28 hari. Sebagai contoh, bila siklus menstruasi teratur setiap 30 hari maka masa subur akan terjadi pada hari ke 14-18 dihitung dari hari pertama menstruasi.

    Namun jika siklus menstruasi tidak teratur maka masa subur dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

    • siklus terpendek dikurangi 18
    • siklus terpanjang dikurangi 11


    Sebagai contoh, bila siklus menstruasi berkisar antara 28-30 hari maka masa subur akan terjadi pada hari ke-10 (siklus terpendek yaitu 28 dikurangi 18) hingga hari ke-19 (siklus terpanjang yaitu 30 dikurangi 11) dihitung dari hari pertama menstruasi.

    Penjelasan selengkapnya mengenai cara menghitung masa subur dapat Anda simak pada laman berikut ini:

    Menghitung masa subur setelah haid         
    Lima cara mengetahui masa subur wanita                
    Menentukan masa subur dengan kalkulator ovulasi

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman