Tanya Dokter

  • selalu keputihan sehabis mens

  • siang dokter.... saya setiap sehabis men kok keputihan terus ea dok...tu jg nyampek men lg ... kalo berhubungan jg kadang sakit kadang jg kluar darah tp encer dok ... minta penjelasanya dok.. mksh.????

    Hai, Keputihan yang dialami oleh seorang wanita dapat diakibatkan oleh proses normal pada tubuh maupun adanya faktor abnormal. Keputihan yang normal umumnya terjadi pada sekitar waktu menstruasi dan pada saat kehamilan. Keputihan jenis ini tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menyebabkan gatal / perih pada daerah kewanitaan. Keputihan yang diakibatkan oleh adanya faktor yang tidak normal biasanya berbau, berwarna, maupun dapat mengakibatkan rasa gatal, perih dan bentol atau ruam pada daerah kewanitaan. Penyebab tersebut diantaranya :

    1. infeksi jamur, keputihan berwarna putih susu, tidak berbau, gatal
    2. infeksi trichomoniasis, cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau amis
    3. infeksi bakterial vaginosis, cairan berwarna putih abu-abu, berbau amis
    4. infeksi herpes genital, keputihan disertai bentol-bentol pada daerah sekitar kemaluan
    5. kanker serviks maupun rahim
    6. dan lainnya
    Untuk membaca lebih lengkap mengenai keputihan Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/keputihan Sementara itu, rasa sakit saat berhubungan seks dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, diantaranya :
    1. Kurangnya cairan lubrikasi
    2. Infeksi pada vagina
    3. Vaginismus
    4. Endometriosis
    5. Penyakit radang panggul
    6. Kista ovarium
    7. Penyakit menular seksual
    8. dan lainnya
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai rasa sakit saat berhubungan intim dan cara mengatasinya Anda dapat membuka halaman berikut ; http://www.alodokter.com/menikmati-hubungan-seksual-tanpa-rasa-sakit Keluarnya darah saat atau setelah berhubungan dapat diakibatkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya :
    1. gesekan pada saat berhubungan seks
    2. kurangnya lubrikasi
    3. awal hari menstruasi
    4. pertama kali berhubungan seksual
    5. luka akibat penyakit menular seksual seperti sifilis dan herpes
    6. radang pada leher rahim (serviks)
    7. kanker serviks
    8. dan lainnya
    Untuk info selengkapnya Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/pendarahan-vagina-usai-berhubungan-seksual Agar dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab keputihan yang Anda alami, serta rasa sakit dan adanya darah saat hubungan seks, maka diperlukan adanya konsultasi dan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Selain itu dokter juga mungkin akan membutuhkan pemeriksaan medis lanjutan, seperti pemeriksaan lab dan pengambilan sampel cairan keputihan. Terapi yang akan diberikan oleh dokter akan berbeda tergantung apa yang mendasari kondisi Anda.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.