Tanya Dokter

  • Bisakah ASI keluar kembali setelah beberapa bulan berhenti?

  • Dok..saya sdh 3 bulan berhenti memberikan Asi kepada anak saya dikarenakan saya pikir Asi saya memang tidak ada..sekarang setelah saya banyak membaca artikel yang terkait dengan Asi..saya berniat ingin memberikan kembali Asi kepada bayi saya...fok apakah bisa Asi saya keluar kembali setelah beberapa bulan terhenti..?

    Halo,   Dengan teknik dan niat yang konsisten dari ibu tentu saja ibu bisa memproduksi ASI kembali dan memberikannya kepada bayi Anda. Menyusui kembali setelah sempat menghentikan disebut dengan Re-Laktasi. Membutuhkan niat dan motivasi yang kuat dari ibu serta kesabaran untuk melakukan relaktasi ini kembali, karena semakin lama ibu menghentikan menyusui ASI maka akan lebih lama lagi ASI bisa berproduksi ulang. Beberapa teknik yang ibu bisa lakukan adalah :

    1. Menyusui kembali bayi Anda sesering mungkin atau setiap 2 jam sekali.
    2. Jika ibu bekerja tetaplah memeras ASI Anda setiap 2 jam sekali.
    3. Perbaiki perlekatan puting dan mulut bayi agar perangsangan puting lebih maksimal untuk merangsang pengeluaran hormon prolaktin penghasil ASI.
    4. Minum air putih yang banyak.
    5. Hindari stress dan kelola stress Anda dengan baik.
    6. Cari posisi ternyaman untuk menyusui baik bagi Anda dan bayi, ini akan membuat Anda tidak mudah lelah saat menyusui bayi Anda.
    7. Minum suplemen penambah ASI yang disarankan oleh dokter Anda.
    8. Perbanyak sayuran dan cairan serta buah.
    Baca artikel Kebaikan dari menyusui. Baca topik Relaktasi. Semoga membantu.   dr. Yusi