Tanya Dokter

  • jenis masalah gusi dan gigi yang tidak dirawat

  •  BrightenBlue
    Anggota

    Selamat malam dok, saya mau bertanya. Apa saja lebih dari 5 masalah gigi dan mulut, coba dokter sebutkan... Dan bagaimana cara untuk mengobati masalah tersebut... Terima kasih dokter

    Hai BrightenBlue, Keadaan gigi dan gusi yang tidak terawat dapat menyebabkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi. Berikut masalah gigi dan gusi yang mungkin timbul:

    1. Penumpukan plak atau karang gigi: sisa makanan yang bercampur dengan bakteri dan protein dapat membentuk plak gigi. Jika plak tidak dibersihkan secara teratur maka timbullah karang gigi. Penanganan karang gigi adalah dengan tindakan scaling.
    2. Gigi berlubang: gigi berlubang menyimpan potensi infeksi yang dapat menyebar ke gusi, tulang gigi, dan jaringan penyangga gigi lainnya. Penanganan gigi berubang adalah dengan penambalan gigi, perawatan saluran akar gigi bila diperlukan, maupun pencabutan gigi (tergantung kondisi gigi).
    3. Susunan gigi yang tidak rata, berjejal, renggang antar gigi, atau tidak sejajar: dapat ditangani dengan pemasangan kawat gigi.
    4. Gingivitis/radang gusi: ditandai dengan gusi bengkak, berwarna kemerahan, gusi berdarah, bau mulut, dan sebagainya. Penanganannya akan sangat tergantung pada penyebabnya, di antaranya adalah tindakan scaling, penambalan atau pencabutan gigi, perbaikan posisi dan letak gigi palsu, dan sebagainya.
    5. Abses gusi: timbulnya kumpulan nanah pada gusi akibat infeksi bakteri, ditandai dengan keluarnya cairan dari gusi yang berwarna putih, kuning, atau kecoklatan. Penanganannya adalah pemberian antibiotik, tindakan pengeringan nanah, maupun pencabutan gigi bila diperlukan.
    6. Periodontitis: merupakan infeksi gusi berat yang menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan jaringan penyangga gigi. Penanganannya adalah dengan pemberian antibiotik, scaling, root planning, hingga tindakan operasi untuk memperbaiki kerusakan jaringan lunak dan tulang gigi.
    7. dan sebagainya
    Sebelum timbul masalah gigi dan gusi seperti yang dijabarkan di atas, tentunya lebih baik dilakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Berikut ini anjuran yang dapat dilakukan untuk merawat gigi dan gusi:
    • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur setelah makan
    • Gunakan sikat gigi yang lembut dan ganti setidaknya 3 bulan sekali
    • Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride
    • Berkumur dengan obat kumur antibakterial
    • Gunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi
    • Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga hidrasi mulut
    • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung soda, tepung, atau kadar gula yang tinggi
    • Stop merokok
    • Cek kesehatan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
    Informasi berikut ini dapat berguna: Menjaga kesehatan gigi dan mulut Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    BrightenBlue  BrightenBlue
    Anggota

    Terima kasih infonya dokter... Sangat bermanfaat