Tanya Dokter

  • Apakag gigi depan yang rusak, akan tumbuh kembali?

  • Pagi dok, saya mau nanya dok gini, gigi depan saya copot udah luamayan lama copot nya karena gigi depan saya sudah rapuh gitu dok, jadi pas saya makan suatu makanan yg keras gigi itu jadi hancur, tapi masih ada gigi nya di gusi belum copot seutuhnya, apakah akan tumbuh lagi dok? Atau aku harus mencabutnya dan memakai gigi palsu? Mohon saran nya dok umur saya 16 tahun. Terima kasih

    Halo Nandra.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke sisa akar gigi yang tertinggal di dalam gusi, Misalnya karena terdapatnya gigi bolong yang besar sehingga gigi jadi rapuh, pencabutan gigi yang tidak sempurna, gigi yang patah akibat terauma atau benturan keras.

    Sekedar informasi untuk Anda, sisa akar gigi yang tidak ditangani dapat menyebabkan keluhan bau mulut, nyeri, hingga pembengkakan diskusi, serta merupakan pencetus terbentuknya kista, bahkan kanker.

    Pada dasarnya, penanganan untuk sisa akar gigi tergantung dari kondisi akar dan jaringan sekitarnya. Pada akar gigi yang viabel, di mana akar gigi masih utuh dan jaringan penyangga yang baik, bisa dilakukan perawatan dengan pembentukan mahkota. Akan tetapi untuk sisa akar gigi yang tidak viabel, seharusnya dilakukan pencabutan, guna mengangkat sisa akar tersebut.

    Oleh karena itu kami sangat menyarankan segeralah menemui Dokter gigi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat lakukan serangkaian pemeriksaan gigi lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Salam,

    Dr. Jati