Tanya Dokter

  • haid tidak teratur setelah KB suntik

  •  Dahlia Lia
    Anggota

    Dok, saya mau tanya....haid saya gak teratur setelah lepas KB suntik. Saya KB sudah 4th setelah itu sudah lepas setahun. Kalo dapat haid sebulan bisa 3kali saya haid, atau terkadang semiggu cuma ngeplek kecoklatan abis itu baru haid....seminggu bersih dan haid lagi. Apa ada yg aneh dengan yg saya alami ini? Makasih dok atas perhatiannya

    Hello, Tidak teraturnya siklus menstruasi setelah penggunaan alat kontrasepsi suntik baik yang 1 bulan atau 3 bulan sering terjadi. Biasanya diperlukan waktu untuk tubuh mengatur kembali keseimbangan kadar hormone didalamnya untuk menghasilkan siklus menstruasi yang normal. Rata-rata siklus menstruasi akan kembali normal dalam 3 - 12 bulan. Namun ada juga penyebab lain yang dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus haid disamping efek dari penggunaan kontrasepsi, antara lain :

    1. Hamil
    2. Perubahan berat badan yang drastic
    3. Gangguan pola makan seperti anoreksi nervosa
    4. Bekerja atau olahraga yang terlalu berat
    5. Stress
    6. Penyakit yang mempengaruhi keseimbangan hormone seperti penyakit tiroid
    7. Penyakit saluran reproduksi seperti kista ovarium
    8. dan lainnya
    Dianjurkan untuk Anda menemui dokter agar dapat diperiksakan kemungkinan penyebab lain sehingga dapat ditangani secara cepat dan tepat. Berikut adalah laman yang membahas jenis-jenis menstruasi yang tidak normal : http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal dan juga laman yang memuat informasi yang lebih lengkap mengenai siklus menstruasi yang tidak teratur : http://www.webmd.com/women/tc/missed-or-irregular-periods-topic-overview Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean