Tanya Dokter

  • Berapa lama proses pembuahan?

  • Dok saya mau tanya Dok..saya melakukan hubungan sama laki saya terakhir bulan juli tapi bulan Agustus september masih ada haid dan tiba2 bulan oktober nyampe sekarang belum haid.. Pas saya testpeck hasilnya positiv Apa proses lehamilan bisa 2bulan kayak gitu ya dok?

    Halo Pesseg, 

    Kehamilan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sel sperma. Ovulasi atau pelepasan sel telur biasanya terjadi di tengah siklus haid, sekitar 12-16 hari sebelum haid berikutnya. Sel telur akan berjalan sepanjang saluran telur menunggu untuk dibuahi, dan akan bertahan sekitar 24 jam. Sperma setelah dikeluarkan di dalam vagina bisa berjalan ke arah saluran telur dan bisa bertahan hingga 5 hari tergantung suhu, kelembaban, keasaman, dll. Jika sel telur bertemu dengan sperma yang dilepaskan dalam vagina, bisa terjadi pembuahan. 

    Setelah terjadi pembuahan di dalam saluran telur, hasil konsepsi ini akan berjalan ke arah dinding dalam rahim (endometrium) sambil membelah. Kemudian akan terjadi penempelan/implantasi dalam waktu kurang lebih 7 hari. di tempat di mana janin menempel inilah, ari-ari (plasenta) akan terbentuk dan akan memproduksi hormon hCG, yaitu hormon yang terdeteksi saat kehamilan. Dinding dalam rahim akan berkembang dan menebal, tidak meluruh untuk mendukung lingkungan tempat janin berkembang sehingga tidak terjadi haid. 

    Kesimpulannya adalah, haid tidak akan terjadi saat hamil. Hormon kehamilan melalui test pack bisa terdeteksi paling cepat 7 hari setelah terjadi pembuahan, atau 1-2 minggu setelah berhubungan seksual. Jika memang Anda yakin terakhir berhubungan seksual dengan suami Anda bulan Juli, kemungkinan kehamilan tersebut sudah terjadi sejak bulan tersebut. Perdarahan yang terjadi bulan Agustus dan September bisa saja bukan haid, bisa saja perdarahan saat kehamilan karena sebab lain. 

    Kemungkinan lainnya adalah saat ini Anda memang tidak sedang hamil, tetapi terlambat haid karena masalah lainnya. Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan apakah Anda sedang hamil dan usia kandungannya. Jika memang Anda hamil, USG bisa menentukan usia janin dengan cukup tepat. Jika Anda tidak hamil, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebabnya. 

    Baca juga: Proses Pembuahan

    Salam, 

    dr. Mega