Tanya Dokter

  • Perubahan mood secara drastis disertai rasa pusing

  • Dokter yang saya hormati.. Perkenalkan nama saya Muhammad Supriyanto dari Pasuruan. Usia saya 24 tahun. Dok saya memiliki beberapa masalah psikologis yang sangat mengganggu kehidupan pribadi dan karir saya di tempat kerja. Saya sering kali merasa mood saya naik turun secara drastis. Dalam waktu beberapa hari saya merasa begitu percaya diri dan suasana hati nyaman sekali rasanya dok. Tapi beberapa hari kemudian mood saya tiba-tiba berubah seperti tidak memiliki gairah hidup, percaya diri menurun, pusing yang kadang-kadang saya tidak tahu pemicunya. Apalagi setelah saya belajar tentang ilmu filsafat ketuhanan di kampus, saya seringkali terlalu dalam memikirkannya sampai-sampai dalam keadaan bekerjapun pemikiran filsafat itu berputar-putar di otak saya sehingga saya benar-benar merasa sangat terganggu. Saya sudah berusaha menghilangkannya namun hal tersebut sulit sekali saya lakukan. Apa yang sebenarnya terjadi pada diri saya dok? Bagaimana solusinya supaya saya bisa keluar dari permasalahan ini? Terimakasih.

    Halo,   Masalah kejiwaan yang Anda alami membutuhkan pemeriksaan dan pengamatan secara seksama oleh ahli di bidang kejiwaan yaitu psikolog atau psikiater. Dengan memeriksakan diri kepada psikolog/ psikiater maka pengamatan menyeluruh mengenai kondisi mental Anda bisa dilakukan dan seorang psikiater bisa menentukan penyebab permasalahan Anda. Masalah mental memerlukan pengamatan kontinu dan pemeriksaan menyeluruh agar tidak salah memberikan pengobatan/ terapi yang sesuai. Masalah mental Anda bisa jadi disebabkan karena :

    • Gangguan kepribadian
    • Gangguan bipolar = dimana penderita bisa merasa senang sekali pada suatu waktu (episode manik) dan kemudian jatuh ke dalam kesedihan mendalam dalam sekejap (episode depresi)
    • Krisis identitas
    • Gangguan kecemasan
    • dll.
    Dengan pemeriksaan dan keahlian psikiater maka masalah mental Anda bisa diidentifikasi dan tentunya diobati dengan baik dan sesuai agar Anda bisa hidup produktif. Untuk mengurangi keluhan Anda , Anda bisa melakukan :
    1. tetap berpikir positif.
    2. Berkomunikasi dengan keluarga mengenai masalah Anda sehingga Anda bisa mendapat dukungan penuh.
    3. Mengikuti terapi kelompok.
    4. Relaksasi = yoga, meditasi dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi