Tanya Dokter

  • Masalah kencing berlebihan

  •  Samuel Seams
    Anggota

    Selamat malam dok. Dok, teman gua ada yang mengalami kencing yang berlebihan terutama kalau dia mau tidur, jadi kesannya tidur itu gak nyaman karena teringin untuk buang kecil setiap saat. Padahal dia minum tidak terlalu banyak hanya untuk menetralisir air seninya. Tolong penjelasannya dong dok, kasihan dia gak pernah tidur lelap. Trimakasih dok, selamat malam.

    Hai,   Penyebab kencing berlebih yang timbul terutama pada malam hari setelah tertidur bisa disebabkan karena penyakit sistemik pada Anda seperti :

    1. Diabetes mellitus
    2. Udara yang terlalu dingin.
    3. Gangguan pada saluran kemih.
    4. Iritasi saraf pada kandung kemih.
    5. Hipersensitif kandung kemih.
    6. Stress.
    7. Infeksi saluran kemih.
    8. dll.
    Baca topik BAK berlebih pada pria. Untuk mengetahui penyebab keluhan teman Anda maka pemerisaan fisik secara langsung dan tes medis seperti tes darah, tes urine dan cek kadar gula darah akan diperlukan. Ceritakan masalah Anda secara detil kepada dokter ahli urologi setempat dan turuti anjuran pemeriksaan yang diperlukan agar penyebab keluhan Anda segera diketahui. Penanganan keluhan akan disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan setelah pemeriksaan ke dokter. Hindari minum air dingin, teh / kopi saat menjelang tidur, hindari minuman manis/ soda menjelang tidur dan memastikan suhu ruangan kamar tidak terlalu dingin bisa membantu teman Anda mengurangi keluhan yang dirasakannya. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi