Tanya Dokter

  • masalah keputihan dan pengobatannya

  • Pagi dok.. Saya ibu berumur 27thn.. Masalah saya adalah keputihan yang tak kunjung sembuh..dulu saya kb pil d*a*e setiap minum pil saya tdk pernah menstruasi klo pil sudah habis baru baru saya menstruasi februari 2015 sya memutuskan berhenti minum pil..stlh brhnti pil kb sya mens 1 bulan..abis itu tdk pernh mens lagi sampai saat ini..untuk berhubungan saya mnggunakan kondom dok,skrg saya mengalami keputihan yang tka kunjung sembuh,keputihan nya bukan lendir tpi lebih kya cream warna putih tapi bnyak itu bikin saya risih kadang klo lg bnyk bgt lg berhubungan pun keputihan ky cream itu suka nempel di p***s suamiku..udh minum obat sama obat yang dimasukib ke miss pun sudah saya cba tapi tak kunjung sembuh..klo keptihan seperti itu obat yang paling ampuh apa iya dok..

    Terimakasih

    Hai, Keputihan merupakan keluhan yang kerap dialami oleh wanita dan dapat sangat mengganggu. Penyebabnya dapat bermacam-macam, di antaranya adalah:

    Keputihan yang berwarna putih susu umumnya disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya disertai dengan keluhan rasa gatal yang sangat mengganggu. Infeksi jamur dapat hilang-timbul terutama dalam kondisi yang lembab. Beberapa tips bagi Anda:
    • Menjaga organ intim agar tetap bersih dan kering
    • Mengenakan pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan tidak terlalu ketat
    • Mengganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa lembab/basah
    • Biasakan membersihkan organ intim dengan cara yang benar, yaitu arahnya dari depan ke belakang
    • Hindari penggunaan pembersih khusus kewanitaan yang terlalu sering, karena hal itu dapat mengganggu keseimbangan flora normal pada vagina. Akibatnya rentan terjadi iritasi atau infeksi pada vagina
    • Lakukan pengobatan bersama-sama dengan pasangan untuk menghindari efek ping-pong (kembali saling menularkan)
    Jika keluhan tidak kunjung membaik disarankan agar Anda dapat kembali berkonsultasi dengan Dokter. Jika diperlukan Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam seperti tes laboratorium dan lainnya. Dengan analisis yang cermat mengenai riwayat pengobatan yang telah Anda jalani selama ini, Dokter akan dapat menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai kondisi. Baca artikel terkait berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman