Tanya Dokter

  • Keputihan dan bau tidak sedap pada vagina

  • slmt pagi dok saya veren 20th.. saya ingin bertanya tentang masalah keputihan dok dan miss V terasa bau tidak sedap. itu karna faktor apa ya dok? dan sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan apa specialis dalam? mohon dibantu ya dok. terima kasih

    Selamat pagi

    Keputihan dan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan merupakan suatu tanda dari kondisi tidak normal. Banyak hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut, diantaranya:

    • Infeksi bakteri
    • Infeksi jamur
    • Infeksi virus
    • Infeksi menular seksual
    • Tanda keganasan
    • Dan lain sebagainya
    • Keputihan sendiri adalah kumpulan dari lendir yang berasal dari organ kewanitaan, sel-sel mati beserta kuman yang di keluarkan sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Namun jika keputihan ini di sertai bau, nyeri atau gatal gatal, maka ada baiknya untuk di periksakan ke dokter karena dapat di sebabkan oleh hal-hal diatas.

      Pada saat anda periksa, anda dapat memberikan keterangan tentang keputihan yang anda alami, mulai dari sejak kapan, bagaimana karakteristik keputihannya (warna, bau, disertai darah apa tidak dan lainnya) serta tanda tambahan seperti gatal atau nyeri. Selain itu bisa jadi dokter juga akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan organ kewanitaan dan pemeriksaan lab cairan organ kewanitaan untuk mengetahui penyebab dari keluhan anda.

      Anda bisa ke dokter umum terlebih dahulu, jika memang di butuhkan nantinya dokter akan memberikan rujukan ke dokter spesialis. Atau anda juga bisa langsung ke dokter spesialis kandungan. Nantinya dokter akan memberikan terapi sesuai dengan keadaan yang anda alami. Bisa dengan obat yang diminum, ataupun obat yang di masukkan ke organ kewanitaan. Selain itu kemungkinan dokter juga akan menyarankan untuk menjaga kebersihan, menghindari pakaian yang ketat dan lain sebagainya.

      Untuk saat ini yang bisa anda lakukan adalah:

      1. Jangan melakukan atau memasukkan obat atau apapun ke dalam organ kewanitaan anda
      2. Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat
      3. Jaga kebersihan area kewanitaan anda
      4. Jangan berhubungan badan terlebih dahulu
      5. Tetap makan-makanan yang sehat dan minum cukup air
      6. Segera periksa ke dokter

      Semoga membantu