Tanya Dokter

  • Kulit betis kasar dan jika digaruk menjadi putih-putih

  •  feyaway
    Anggota

    Dok, dari waktu kecil (sekitar umur balita) kulit tangan & kaki saya kasar, pori-porinya menonjol (agak mirip parutan), dan kalau digaruk, dari pori-pori itu keluar sesuatu yang putih (kata ibu saya itu lemak). Ada turunan juga kondisi ini dari ayah saya. Setelah saya SMP-SMA, mulai berkurang kulit kasarnya, dan sekarang sisa kulit yang seperti itu tinggal di kaki. Pertanyaan saya dok:

    1. Ini penyakit apa ya dok?
    2. Apa yang bisa saya lakukan (sendiri, tidak ke dokter) untuk mengobati ini?
    3. Apakah ada produk yang dijual bebas di supermarket/apotik yang bisa saya beli untuk membantu menyembuhkan ini?
    4. Jika obat hanya tersedia di dokter, obat yang diberikan cukup sekali menukarkan resep & beli obat, atau saya harus membeli obat setiap obatnya habis?
    Terima kasih dok.

    Halo,   Dalam tujuan mengetahui penyebab kelainan kulit yang Anda keluhkan selama ini maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Tanpa pemeriksaan fisik secara langsung maka penyebab pasti kelainan kulit Anda tidak bisa diketahui atau diidentifikasi. Menegakkan diagnosa memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh mata ahli (dokter) dan riwayat penyakit yang lengkap secara komprehensif. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi keluhan Anda yaitu :

    1. Biang keringat / milia.
    2. Hiperkeratosis follikularis.
    3. Iktiosis.
    4. Komedo putih.
    5. Keratosis pilaris.
    6. Lichen
    7. dll.
    Penanganan penyakit Anda tentunya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Karena banyaknya kemungkinan penyebab yang memiliki penanganan berbeda maka sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kulit. Melakukan scrubbing minimal  seminggu sekali, banyak makan sayur dan buah yang kaya vitamin C, menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab sehabis mandi, menghindari penggunaan baju atau celana berbahan ketat bisa menjadi salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah perburukan dari kelainan kulit Anda. Baca topik Hiperkeratosis folikularis. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi