Tanya Dokter

  • Pandnagan buram setelah mengubah penglihatan dari dekat ke jauh

  •  Mauliana
    Anggota
    Dok, kenapa mata saya sering merasa silau kalau saya tiba2 merubah objek yg ingin dilihat... Misalnya ni pertama saya melihat di jarak yg dekat tiba2 saja merubah pandangan saya ke arah yg lebih jauh nah itu tiba2 penglihatan saya agak berbayang... Itu kira2 kenapa yaa dok?

    Halo Mauliana,

    Saat seseorang mengubah fokus penglihatan dari dekat ke jauh secara tiba-tiba, maka mata akan berupaya memfokuskan objek tepat di retina melalui daya akomodasi lensa. Ssaat melihat objek yang dekat, maka lensa mata akan mencembung. Sebaliknya, saat melihat objek jauh, lensa mata akan memipih. Kemampuan mencembungkan dan memipihkan lensa mata inilah yang disebut daya akomodasi. Bila perubahan fokus objek ini berlangsung terlalu cepat, bisa menyebabkan penglihatan berbayang selama beberapa detik. Kondisi ini masih tergolong normal, kecuali bila gangguan penglihatan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

    Mata lelah merupakan salah satu penyebab yang bisa menyebabkan melemahnya daya akomodasi. Umumnya kondisi ini dialami oleh orang yang melihat layar komputer atau meyetir atau membaca dalam waktu terlalu lama. Anjuran untuk mengatasi mata lelah :

    • istirahat yang cukup, tidak hanya dengan cara tidur, mengistirahatkan mata juga bisa dilakukan dengan memandang ke kejauhan selama beberapa saat
    • atur pencahayaan dan posisi layar komputer, juga pencahayaan ruangan
    • sering-seringlah berkedip

    Bila penglihatan berbayang tetap berlangsung sekalipun telah menerapkan anjuran di atas, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar mendapat penanganan yang tepat.

    Semoga bermanfaat

    dr. Lili