Tanya Dokter

  • Mulai nyeri haid saat SMA

  •  lena mariam
    Anggota

    dok saya mau tanya.. saya menstruai sejak kelas 5 SD, sekarang aku sudah tamat SMA. dulu saya tidak pernah merasakan nyeri haid, semenjak kelas 1 SMA aku mulai merasakan nyeri, perut mulas, sampai tdk bisa beraktivitas saking sakitnya. sekarang sudah lumayan tdk sakit, tp muka pucat.

    itu kenapa ya dok? mohon jawabannya.

    terimakasih.

    Halo,   Nyeri haid yang timbul secara mendadak, dalam artian timbul baru baru saja ( bukan dari awal pertama kali menstruasi) merupakan salah satu dismenore sekunder dimana biasa disebabkan adanya penyakit/ indikasi medis yang melatar belakangi nyeri tersebut. Penyebab nyeri haid sangat beragam yaitu :

    1. Endometriosis.
    2. Stenosis leher rahim
    3. Adenomiosis
    4. Jaringan fibroid atau polip rahim.
    5. Penyakit radang panggul.
    6. Kista ovarium.
    7. Dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara seksama dan beberapa tes medis lain seperti tes darah, USG , CT SCAN dll jika diperlukan. Nyeri haid sebenarnya ditimbulkan akibat kontraksi rahim saat menstruasi ditambah adanya zat kimia yang merangsang kontraksi rahim dari otak membuat nyeri haid terasa menganggu, namun jika keluhan sampai membuat Anda tidak mampu beraktivitas maka pemeriksaan akan diperlukan. Baca topik Nyeri haid. Anda bisa menggunakan kompres hangat pada perut untuk mengurangi nyeri atau minum obat pereda nyeri seperti paracetamol. Berolahraga teratur, istirahat cukup dan makan gizi seimbang juga bisa membantu melancarkan haid dan mengurangi nyeri haid. Semoga membantu.   Dr. Yusi.