Tanya Dokter

  • Bagaimana agar haid bisa kembali normal?

  •  Nury @
    Anggota
    Selamat siang dok...saya nury usia 30tahun mau tanya soal menstruasi yg tidak teratur,jadi selama sebulan saya menstruasi selama 2 kali misal tanggal 1 mens sampai tanggal 8 nanti tanggal 14 sudah menstruasi lagi ( dengan kadar darah sangat sedikit) dan ini sudah terjadi selama hampir 4 bulan ini,saya sudah periksa dan dicek katanya rahimnya bagus tidak ada miop dan normal,kata dokter itu sindrom ovarium...apakah bisa disembuhkan dok?dan bagaimana agar haid bisa normal kembali?

    Halo Nury.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, sindrom ovarium polikistik merupakan masalah pada keseimbangan hormon wanita. Pada sindrom ovarium polikistik, kadar hormon estrogen dan hormon progesterone tidak seimbang.

    Wanita dengan sindrom ovarium polikistik biasanya memiliki kista ( kantong yang berisi cairan ) yang kecil di ovariumnya, yang membuat ovarium membesar. Kista ini tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon.

    Karena ketidakseimbangan hormon yang dimiliki, wanita dengan sindrom ovarium polikistik dapat mengalami periode menstruasi yang tidak teratur, dimana hal ini sudah terjadi pada Anda.

    Sindrom ovarium polikistik tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat dikendalikan, di mana penanganan yang dapat ditempuh diantaranya adalah : mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, pembedahan, dan terapi hormon.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk mendiskusikan kembali masalah ini kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang telah mendiagnosa Anda, agar segala sesuatu nya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SINDROM OVARIUM POLIKISTIK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati