Tanya Dokter

  • Masalah menstruasi pasca melahirkan

  •  Tri Meldha M
    Anggota

    Selamat pagi dok, saya mau nanya. Kenapa pasca melahirkan sampai sekarang saya belum menstruasi ya dok. Apakah hal seperti itu wajar dok?

    Dan apakah hal seperti ini berpengaruh dengan gairah seks saya dok?

    Soalnya di dalam diri saya gak ada gairah seks sama sekali dok setelah melahirkan.  

    Kasihan suami saya dok kalo seperti ini terus. hehee

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Setelah hamil, melahirkan, dan menyusui biasanya wanita akan mengalami suatu masa dimana tidak menstruasi atau dikenal dengan amenorrhea. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon pada ibu, salah satunya adalah adanya hormon untuk merangsang produksi ASI (oksitosin) yang dapat menghambat terjadinya proses menstruasi. Periode amenorrhea ini bervariasi pada setiap wanita. Ada yang terjadi sekitar 3 bulan atau hingga 1 tahun. Jadi bila sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar bila Anda belum mengalami menstruasi

    Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi ini adalah:

    1. Kehamilan
    2. Efek samping dari kontrasepsi seperti pil KB atau KB suntik
    3. Kelelahan fisik
    4. Kegemukan atau penurunan badan yang cepat
    5. Stress
    6. dsb

    Jadi sebaiknya coba gunakan testpack untuk menghilangkan kemungkinan adanya kehamilan. Bila tidak didapatkan hasil yang positif, maka keadaan yang Anda alami merupakan suatu hal yang cukup wajar. 

    Untuk gairah seks, memang sebagian wanita yang baru saja melahirkan biasanya hingga masa nifas berakhir akan menagalami sedikit perubahan. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal terutama kadar hormon estrogen yang berkurang selama masa menyusui. Kondisi hormonal wanita pada saat hamil dan sebelum hamil akan sangat berbeda. Selain kondisi hormonal, beberapa hal seperti kelelahan karena mengurus bayi atau terlalu banyak kesibukan lainnya sehingga tidak bergairah untuk melakukan hubungan seksual.

    Namun sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan untuk menganalisa kemungkinan dari penyebab keluhan Anda. Bila memang dirasa ada sedikit faktor psikologis yang berpengaruh pada kondisi Anda saat ini, mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi juga pada psikolog atau dokter spesialis kesehatan jiwa untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi Anda dan suami Anda. Untuk sementara beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    1. Tetap susui bayi Anda hingga usia 2 tahun dengan ASI
    2. Manajemen stress yang baik
    3. Makan makanan yang sehat dan bergizi
    4. Istirahat yang cukup
    5. Usahakan untuk memiliki waktu yang berkualitas bersama suami Anda berdua saja

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati