Tanya Dokter

  • Gatal disertai dengan bentol pada organ intim

  •  rheney
    Anggota

    Ass. Dok saya wanita usia 24th dn blum mnikah,, saya menderita gatal2 pada area kulit luar ms.v dan bagian selangkangan,, rasa gatalnya akan kambuh pada malam hari dan tidak tertahankan,, bentuknya berupa bentol2 dan bagian luar ms.v saya sekrang berubah warna kecoklatan akibat gatal2 tersebut,, mohon bantuannya dok,, kira2 obat apa yang harus saya gunakan,, dan bagaimana cara mengembalikan warna kulit ms.v saya? Terima kasih..

    Hai, Keluhan gatal disertai dengan bentol yang muncul pada organ intim dan selangkangan kemungkinan disebabkan oleh infeksi jamur/kurap. Bagian lipatan tubuh yang lembab (seperti di selangkangan, bokong, organ intim, ketiak, dan sebagainya) ditambah dengan cuaca yang panas (sehingga mudah berkeringat) menyebabkan jamur dapat tumbuh dengan subur pada area tersebut. Penanganan infeksi jamur dilakukan dengan pemberian obat anti jamur baik dalam bentuk topikal/salep maupun obat oral/tablet. Pengobatan infeksi jamur membutuhkan kesabaran karena umumnya perbaikan gejala baru terjadi setelah 1-2 minggu pengobatan. Pengobatan harus dilanjutkan hingga 2 minggu setelah gejala menghilang untuk memastikan bahwa infeksi jamur benar-benar telah teratasi dan mencegah kekambuhannya kembali. Hindari menggaruk area yang gatal karena perlukaan kulit yang terjadi menyebabkan infeksi jamur masuk semakin dalam dan infeksi semakin sulit diatasi. Kulit berwarna kecoklatan disebabkan oleh iritasi dan peradangan akibat infeksi jamur dan garukan pada kulit. Untuk mengembalikan warna kulit tentunya infeksi dan peradangan yang terjadi harus disembuhkan terlebih dahulu. Dengan sembuhnya infeksi maka berangsur-angsur kulit akan kembali ke warna semula dalam jangka panjang. Namun demikian, gatal dan bentol pada organ intim dapat pula disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab lainnya seperti:

    Untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk mengamati keluhan yang timbul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi dll) dan pemeriksaan penunjang untuk menelusuri penyebabnya (tes kerokan kulit dan sebagainya). Oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat sesuai kondisi. Anjuran yang dapat dilakukan:
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Mengenakan pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan tidak ketat
    • Ganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa lembab/basah
    • Hindari menggunakan barang pribadi secara bersama-sama (pakaian, handuk, sprei dll)
    • Segera cuci pakaian dan handuk yang telah digunakan
    • Mandi dengan air dingin akan membantu meredakan gatal
    Baca laman artikel berikut ini: Kenapa bisa terjadi gatal pada kemaluan? Penyebab gatal pada selangkangan Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman