Tanya Dokter

  • Cara mengkonsumsi antibiotik dengan benar

  •  ummyk
    Anggota
    Selamat malam dokter. Saya mengalami menstruasi yang gak normal dengan jangka waktu 8 hari dengan darah yang sedikit tetapi terus keluar, saya sudah periksa ke dokter kandungan. Setelah di usg dokternya menemukan kista kecil dan saluran bengkak infeksi dan hitam, dan dokter memberi obat primolut ( 2x sehari = selama 5 hari ) dan antibiotik claneksi|500 ( 3x sehari sebanyak 10 tablet " berarti memakan obat antibiotik nya hanya 3 hari saja? Apa gak salah dokter saya memberi obat antibiotik cuma 3 hari dok? Soalnya kalau salah2 ntar malah bakteri nya resistance? ) mohon bantuannya nya dok sebelum saya memulai minum antibiotik apakah normal meminum hanya 3 hari ? Malah masih tersisa 1 pill nya.

    Hai ummyk,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas dulu, selain kista, apa lagi diagnosis penyakit yang Anda alami menurut dokter? Apakah bengkak, infeksi, dan kehitaman di saluran yang Anda maksud adalah salpingitis (infeksi tuba falopii)? 

    Salpingitis adalah infeksi yang terjadi pada saluran telur (atau disebut juga dengan tuba falopii). Kondisi ini bisa muncul tanpa gejala, namun bisa juga sampai menyebabkan gangguan kesuburan. Di samping itu, penderita salpingitis pun kerap merasakan keluhan lain, seperti keputihan abnormal, flek di luar siklus menstruasi, nyeri menstruasi hebat, dan juga nyeri punggung bagian bawah.

    Penyebab tersering dari salpingitis adalah infeksi bakteri. Beberapa jenis bakteri tersering yang menyebabkan salpingitis adalah gonorrhea, klamidia, mycoplasma, staphylococcus, streptococcus, dan sebagainya. Karena penyebabnya adalah bakteri, maka penanganan diberikan dengan pemberian antibiotik. Dalam menentukan antibiotik yang tepat, selain pemeriksaan fisik, dokter juga umumnya akan melakukan pemeriksaan laboratorium, apus lendir serviks, atau laparoskopi.

    Claneksi adalah obat paten yang mengandung kombinasi Amoxicillin dan Asam klavulanat. Amoxicillin merupakan antibiotik golongan beta-laktamase, sedangkan asam klavulanat merupakan antibiotik golongan inhibitor enzim beta-laktamase. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri, termasuk juga infeksi pada organ reproduksi. 

    Masing-masing antibiotik memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Selain itu, antibiotik yang sama pun, jika digunakan untuk mengatasi penyakit yang berbeda, oleh bakteri penyebab yang juga berbeda, tentu akan memiliki berbeda pula cara penggunaannya. Jadi, tidak selalu antibiotik harus dikonsumsi selama lebih dari 3 hari. Dokter yang memeriksa Anda secara langsung tentu lebih memahami kondisi penyakit yang Anda derita berikut penanganan terbaiknya. 

    Karenanya, sebaiknya Anda ikuti petunjuk pengobatan sesuai saran dokter ya.. Jika memiliki pertanyaan, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang meresepkan obat tersebut. Setelah obat habis pun, dokter umumnya akan menganjurkan Anda untuk kontrol guna memantau perkembangan penyakit dan kemajuan penanganannya.

     

    Artikel berikut mungkin bermanfaat bagi Anda:

    Mengkonsumsi antibiotik dengan benar

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah