Tanya Dokter

  • kelopak mata tidak sempurna

  •  Andi Desrian
    Anggota

    dok mau tnya.. awalnya kedua mata sy tidak ada lipatan kelopak mata,karna sy memang sipit,keturunan chinese.baru2 ini sy menyadari kalau mata kiri sy terbentuk lipatan kelopak mata(tdk sempurna),tetapi tidak untuk mata kanan.. jdi kelihatannya mata sy besar sebelah.. seperti penyakit mata malas,tpi mata sy memang sipit. tidak ada gangguan penglihatan.. apa ini karna kurang istirahat ? sy memang selalu tidur larut malam..

    Halo Andi,

    • Lipatan yang terjadi pada mata kiri Anda pada kelopak mata atas atau bawah?
    • Lipatan mengarah ke dalam atau ke luar?
    • Apakah Anda tetap bisa menutup mata secara sempurna?
    Untuk mengetahui pasti kondisi yang Anda rasakan, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter spesialis mata, dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus (slit lamp) dan pemeriksaan lain yang diperlukan sehingga Anda mendapatkan penanganan dan pengobatan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa kelainan pada kelopak mata (palpebra) :
    • Ektropion : Melipatnya kelopak mata bagian tepi ke arah luar sehingga bola mata dan kelopak mata bagian dalam terpapar dengan dunia luar dan mudah terkena infeksi. Penyebabnya antara lain efek samping obat-obatan, trauma pada wajah, kelumpuhan pada saraf wajah, proses penuaan dimana otot-otot kelopak mata sudah melemah, cacat bawaan lahir. Gejala yang umum adalah mata menjadi kering dan merah. Pengobatan dengan tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk mencegah iritasi atau tindakan pembedahan.
    • Entropion : Melipatnya kelopak mata bagian tepi ke arah dalam dalam akibatnya bulu mata ikut terlipat ke arah dalam (trikiasis) dapat mengesek selaput bening mata(konjungtiva) dan kornea sehingga menyebabkan infeksi atau peradangan. Penyebab antara lain faktor penuaan, jaringan parut (sikatriks), kekauan otot kelopak mata (spasme). Gejalanya mata menjadi berair, merah dan terasa mengganjal. Pengobatannya adalah dengan tindakan pembedahan.
    Semoga membantu, dr. Rievia

    Andi Desrian  Andi Desrian
    Anggota

    lipatannya di atas dok, seperti lipatan kelopak mata yg semua orang punya.. tidak ada gangguan saat membuka/menutup mata..tidak ada gejalanya.. hanya masalah ini membuat sy tdk PD,karna hanya mempunyai lipatan kelopak mata sebelah saja.

    Halo, Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi yang dialami, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung (tatap muka) dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan dengan tepat. terima kasih, dr. Rievia