Tanya Dokter

  • kulup penis tidak bisa kembali ke posisi semula

  • hai, dok. saya nelsen umur 21 tahun, dipenis saya tidak bisa lagi ditarik ke keadaan semula dan terjadi pembekakan dileher penis. Penyakit apakah ini dok?? bagaimana utk penanganan dirumah dan kira-kira brpa biayanya, dok??

    Terima kasih

    Nelsen Richard  Nelsen Richard
    Anggota

    Nelsen Richard November 17, 2016 at 10:35 am hai, dok. saya nelsen umur 21 tahun, dipenis saya kulup tidak bisa lagi ditarik ke keadaan semula dan terjadi pembekakan dileher penis. Penyakit apakah ini dok?? bagaimana utk penanganan dirumah dan kira-kira brpa biayanya, dok?? Terima kasih
     

    Nelsen Richard  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Nelsen, Sebelumnya apakah Anda sudah dilakukan sunat? Jika belum ada kemungkinan kelainan yang terjadi adalah fimosis yaitu kulit ujung kulup atau preputium tidak bisa ke belakang, hal ini dapat menimbulkan nyeri dan ujung penis menjadi menggembung. Fimosis dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil, luka pada kulup dan juga menimbulkan bengkak pada penis sehingga diperlukan penangan oleh dokter. Dimana yang dilakukan adalah pemeriksaan baik fisik dan penunjang kemudian jika penyebabnya adalah fimosis akan dilakukan penanganan yaitu tindakan sirkumsisi atau sunat. Kondisi lain yang bisa terjadi adalah parafimosis. Parafimosis, yaitu kulit ujung penis atau preputium menjepit batang penis dan tidak bisa kembali ke posisi semula. Kondisi ini merupakan kegawatan yang memerlukan penanganan segera. Hal yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan penis dengan rutin membersihkan area yang tertutup kulit penis, basuh penis dengan air hangat dan air bersih serta gunakan obat pereda nyeri jika timbul nyeri. Segera periksakan diri pada dokter untuk mengetahui penyebabnya. Untuk biaya, masing-masing fasilitas kesehatan tentunya berbeda-beda sehingga perlu ditanyakan langsung. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.