Tanya Dokter

  • Penyebab belum mendapat haid setelah berhenti KB

  • Siang Dok.. Saya mau tanya.. Saya sudah 1 tahun lebih menikah dan juga sudah 1 tahun ikut pil KB mikroginon.. 1 bulan ikut pil kb suntik 3 bulan dan 2 bulan ikut suntik 1 bulan dan setelah itu ikut pil Dok.. Sekarang saya sudah berhenti dari KB.. Tapi setelah berhenti mengapa saya belum haid padahal sudah lewat dari tanggalnya Dokk... Mohon penjelasannya...

    Hai SIti,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Ada 2 jenis kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan, yakni kontrasepsi hormonal dan non-hormonal. Kesemua jenis kontrasepsi yang pernah Anda gunakan tersebut, yakni pil KB, KB suntik 1 bulan, dan KB suntik 3 bulan merupakan jenis kontrasepsi hormonal. Untuk mencegah kehamilan, kontrasepsi hormonal bekerja dengan cara memodifikasi hormon-hormon yang normalnya merfungsi meregulasi siklus menstruasi. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi pembuahan sel telur yang bisa berujung pada kehamilan.

    Namun, karena cara kerjanya tersebut, kebanyakan wanita akan mengalami efek samping, salah satunya adalah siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur, lebih sering, lebih jarang, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali. Keluhan ini lebih sering terjadi, terutama jika Anda pernah menggunakan kontrasepsi hormonal yang hanya mengandung hormon progesteron (misalnya mini pill, KB suntik 3 bulan, KB susuk). Gangguan siklus menstruasi ini bisa bertahan bahkan hingga beberapa saat setelah Anda berhenti menggunakan kontrasepsi tersebut. Namun, jika tidak ada penyulit lainnya, keluhan ini akan membaik dalam waktu kurang dari 1 tahun pasca berhenti menggunakan KB.

    Sebaiknya, cobalah dulu melakukan pola hidup yang sehat untuk membantu membuat menstruasi lebih teratur, yakni dengan istirahat teratur, makan makanan yang bergizi seimbang, rajin berolahraga 3-4 kali dalam seminggu, kendalikan stres dengan baik, dan hindari rokok serta alkohol.

    Apabila keluhan masih belum membaik dalam 3 bulan setelah langkah di atas Anda lakukan secara optimal, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut, misalnya laboratorium atau USG. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk menyingkirkan kemungkinan lain, misalnya hamil, kista ovarium, tumor kelenjar hipofisis, kelainan kelenjar tiroid, dan sebagainya yang juga bisa menyebabkan menstruasi tidak datang.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah