Tanya Dokter

  • mengatasi kepala pusing disertai mual

  •  soen_mb
    Anggota

    saya seorang guru. rutinitas saya harus berada disekolah max jam 06.30 wib. saya terbiasa tidak sarapan pagi dirumah. yang jadi permasalahan saya akhir-akhir ini, ketika saya mengajar, atau pun lagi upacara bendera, saya terkadang mendadak sangat pusing dan rasa mual yang besar. jika didalam lambung saya ada makanan, saya yakin semua pasti keluar. saya biasanya mengatasinya dengan segera masuk kantor untuk duduk dan minum air hangat. yang ingin saya tanyakan, kenapa dengan tubuh saya? mohon analisa nya dokter, trima kasih sebelumnya

    Hai soen,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sarapan merupakan salah satu aktifitas penting yang kerap dianggap remeh manfaatnya. Padahal, jika aktifitas Anda banyak dilakukan di pagi hingga siang hari, maka Anda memerlukan asupan nutrisi yang tidak sedikit. Nutrisi ini idealnya didapatkan dengan mengkonsumsi sarapan yang sehat dan bergizi.

    Kebiasaan tidak sarapan bisa menyebabkan pusing dan juga mual, sebagaimana yang Anda alami saat ini. Saat tidak sarapan, sumber nutrisi yang menyokong kerja otak pun akan berkurang akibat kondisi hipoglikemia (gula darah rendah) ataupun dehidrasi (kurang cairan). Hal ini akan membuat Anda lebih mudah merasa pusing, bahkan pada kondisi yang parah bisa sampai memicu penurunan kesadaran (pingsan). Di samping itu, ketika tidak ada sumber makanan untuk dicerna, maka sel-sel parietal pada dinding lambung Anda akan terstimulasi untuk memproduksi asam secara berlebihan. Kondisi ini bisa memicu sekumpulan gejala yang disebut dengan sindroma dispepsia, salah satunya bisa berupa mual.

    Kami sarankan, bila keluhan sering kambuh dan berulang, Anda memeriksakannya langsung ke dokter spesialis penyakit dalam. Bila perlu, dokter mungkin akan melakukan tes lanjutan, seperti laboratorium, rontgen, USG, atau endoskopi. Melalui pemeriksaan ini pula bisa disingkirkan kemungkinan penyebab pusing dan mual lainnya, misalnya karena anemia, tumor otak, cidera kepala, atau infeksi bakteri dan virus lainnya.

    Sementara ini, sebaiknya Anda perhatikan kembali pola makan Anda. Biasakan makan secara teratur di jam yang sama setiap harinya (jangan lupa sarapan). Hindari perut dalam keadaan kosong terlalu lama, yakni dengan makan sedikit-sedikit tapi sering. Ketika sedang terasa mual, kurangi konsumsi makanan bergas, asam, pedas, dan berlemak. Perbanyak minum 8-12 gelas perhari, istirahat yang cukup, dan olahraga dengan teratur.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah