Tanya Dokter

  • Solusi atasi gangguan tidur

  •  Ivan Wijaya
    Anggota

    Permisi dok selamat siang,, Nama saya ivan,, saya mengalami masalah dengan tidur dok,, saya gabisa tidur dengan jam tertentu seperti dari jam normal tidur jam 8-9 malam,, justru saya selalu bisa tidur dari jam 1 atau jam 2 dini hari,, akan tetapi tidur saya cukup dok normal 8 jam jadi saya selalu bangun jam 9-10 siang,,

    mengantuk sih iya tetapi ga bisa tidur nyenyak kalo jam 9 malam dok,, bisa tidur itu jam 1 dini hari,, nah saya tidak mau seperti itu dok, yang saya inginkan tidur normal kembali dari jam 9 malam tak lebih,, Hal yang di atas termasuk insomnia atau masalah lain? mohon untuk pencerahannya,, terima kasih dok,,

    Hai Ivan, Terima kasih atas pertanyaannya. Insomnia merupakan <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Gejala insomnia pada umumnya adalah sulit tidur malam meskipun sudah tidak ada aktvitas, terbangun di malam hari kemudian tidak dapat tidur kembali, merasa lelah, uring-uringan, tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik keesokan harinya, tidak bisa tidur siang meskipun tubuh lelah. Jadi, apabila Kamu mengalami salah satu hal di atas, ya, dapat dikatakan Kamu mengalami insomnia.</span> Umumnya insomnia disebabkan oleh pola hidup yang buruk, misalnya waktu tidur yang tidak tetap, mengonsumsi makanan dalam porsi besar di malam hari, kerap melakukan tidur siang yang lama, konsumsi kafein berlebihan, konsumsi alkohol berlebihan menjelang tidur, dan tidak rutin berolahraga. Jadi penanganan awal yang dapat Kamu lakukan adalah, lakukan pola hidup yang sehat. Lebih rincinya Kamu dapat membaca artikel: Pola Hidup Sehat Selain itu, ciptakan kondisi ruangan tempat tidur yang nyaman, bersih, bebas bising saat malam hari. Hindari tidur siang yang lama, apabila ingin tidur siang sebaiknya tidak lebih dari satu jam, yaitu sekitar pukul 14.00-16.00. Apabila Kamu telah melakukan pola hidup sehat, menciptakan suasana kamar yang nyaman namun tetap sulit tidur lebih awal, sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Dokter ya. Demikian semoga bermanfaat, dr.Annes

    Ivan Wijaya  Ivan Wijaya
    Anggota

    Iyah.. terimakasih dok atas penjelasan nya