Tanya Dokter

  • Nyeri di perut kiri bawah saat hamil 5 bulan

  • ass...

    dok sy mau bertanya pada usia kehamilan 5 bln kok pada bagian perut kiri bawah terasa nyeri y??

    apa tidak bermasalah buat bayi yang didalam??

    karna rasa nyeri baru terasa katanya pas usia masuk bulan ke 7,8 dan 9.

    martias wulandari  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Nyeri perut pada kehamilan trimester 2 dapat diakibatkan oleh :

    • Kondisi normal kehamilan :
      • Nyeri yang cenderung terasa sebagai rasa tidak nyaman pada daerah perut samping bawah yang hilang timbul, dapat terasa hingga ke daerah selangkangan, nyeri berkaitan atu timbul dengan pergerakan seperti saat ingin berdiri dari posisi duduk, saat batuk, bersin, saat berkemih atau saat berdiri. Ini merupakan nyeri akibat teregangnya ligament panggul yang menyangga rahim anda yang semakin membesar. Hal ini merupakan hal yang normal terjadi. Cara mengatasi adalah dengan mencoba melakukan pergerakan secara perlahan, atau mencari posisi yang nyaman, atau menyangga perut ketika berdiri atau ingin berpindah atau bangun
      • Kontraksi palsu atau sering disebut braxton hills. Terasa seprti kram naun tidak intense, tidak reguler, terjadi tidak menentu. Biasa muncul pad awal trismester 3 namun dapat muncul dini pada saat awal trismeter dua.
    • Kondisi tidak normal, seperti infeksi saluran kemih, adanya kelemahan atau perdarahan pada plasenta di sisi tersebut, atau kondisi lainnya.
    Sebaiknya konsultasikandnegan dokter yang merawat anda, agar dapat diketahui denganjelas penyebabnya. Sekian informasi dari saya. semoga bermanfaat.

    martias wulandari  Femi Anggraeni
    Anggota

    Ass.. Dok saya mau tanya kenapa perut saya suka terasa nyeri? Dan terkadang juga terasa ngilu sampai ke vagina saat ini saya hamil 22w, apakah itu akan mengganggu janin saya dok? Soalnya kemarin saya usg katanya janin saya ada dibawah tapi ngga bahaya karna kemungkinan katanya dia bisa berputar lg.