Tanya Dokter

  • sakit saat kencing dan bintik-bintik di ujung penis

  • Pagi doct saya ingin bertanya, hari senin kemarin (23/Maret/15) waktu pagi2 nya saya kencing sakit, saat kencing ke dua kalinya dan seterusnya tidak sakit lagi saat kencingnya doct. Akhir-akhir ini kelamin saya sakit doct terasa gak enak gitu, kata dokter saya itu penyakit yang terjadi pengkristalan saat saya kencing menjadi sakit, kebetulan hari senin itu saya minum yang berenergi (Minuman Torpedo) itulah menjadi sakit saat saya kencing, tapi doct obat yang di berikan dengan dokter saya itu seperti tidak ada perbuhan sembuhnya. sepertinya dokter saya salah atas penilaian yang ia berikan kpda saya doct. Doct saya takut ini penyakit Gonore, soalnya ada tanda-tandanya sperti bintik -bintik di ujung penis dan di bawah penis saya doct, tapi dari pada di bilang sok tahu mendingan dokter khusus nya yang menilai ini penyakit apa ? saya bingung doct ingin bertanya kepda siapa untuk memastikan penyakit saya ini apa, soalnya saya dari bengkulu doct ?

    Hendra-Dafitra Ftr  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Nyeri pada alat kelamin pria dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut :

    • Infeksi Saluran Kemih
    • Batu Saluran Kemih
    • Urethritis
    • Prostatitis
    • Penyakit Menular Seksual, seperti gonore, sifilis, chlamydia, herpes simpleks, herpes genital.
    • dan lain-lain
    Pada kondisi diatas, hampir semuanya menimbulkan gejala nyeri saat BAK atau sering disebut burning sensation saat BAK. Pada infeksi saluran kemih, nyeri saat BAK, nyeri perut bawah, selalu merasa ingin BAK, frekuensi BAK menajdi lebih sering namun urin yang keluar sedikit-sdikit, urin berwarna keruh atau berwarna kemerahan. Pada BSK, terutama pada batu uretra, maka akan timbul rasa nyeri luar biasa saat BAK, pancaran urin lemah atau ganda, perlu mengedan, urin yang keluar berwarna keruh, kemerahan atau  terlihat mengeluarkan pasir-pasir atau batu kecil. Kondisi ini sering terjadi pada orang-orang yang kurang konsumsi air atau banyak mengeluarkan keringat pada aktivitas sehari-hari nya (dehidarasi), lebih banyak konsumsi minuman bersoda/kopi/teh/konsumsi makanan dengan kadar protein/asam urat yang tinggi, atau pada orang yang konsumsi air dengan kadar kapur yang tinggi. Uretritis merupakan peradangan pada uretra yang sering kali disebabkan oleh bakteri, baik bakteri pada ISK, atau bakteri pada PMS. Gejala hampir serupa dengan ISK. PMS biasa timbul dengan gejala nyeri saat BAK, terdapat cairan tidak normal berwana putih/kuning/hijau keluar dari lubang kemaluannya, terasa gatal/perih, terdapat bintil atau ruam atau luka pada sekitar penis, terdapt bengkak/kemerahan di sekitar penis. Kecurigaan ke PMS lebih terarah jika pasangan seksual juga mengalami hal serupa, atau jika seseorang dengan perilaku seks tidak aman (bergonta ganti pasangan seksual, seks tanpa pengaman). Sebaiknya anda periksakan kembali kondisi anda ke dokter, agar dapat digali lebih dalam riwayat penyakit dan timbulnya gejala, serta dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan pada alat genital untukmelihat adakah tanda kemerhan, bengkak, cairan, atau luka di sekitar lubang kemaluan. Selain itu juga akan dilakukan pemeriksaan penunjang lain sepeti :
    • Urinalisis (pemeriksaan urin), untuk melihat apakah ada infeksi atau bakteri atau endapan sedimen batu untuk mengarahkan atau menyingkirkan kondisi ISK atau Batu Saluran Kemih.
    • Rontgen, untuk melihat apakah betul ada batu saluran kemih
    • Pemeriksaan swab sampel dari cairan penis atau dari luka, untuk melihat penyebabnya.
    Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai kondisi-kondisi tersebut di artikel berikut ini : http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih http://www.alodokter.com/batu-ginjal http://www.alodokter.com/penyakit-menular-seksual-pms/ http://www.alodokter.com/gonore/gejala http://www.alodokter.com/herpes-genital/ http://www.alodokter.com/sifilis/