Tanya Dokter

  • Masker madu untuk malam hari

  •  Gaeni Ayu Ria
    Anggota
    Slmt malam dok saya mau bertanya boleh kaah masker madu murni dipakai selama tidur malam setiap hari sebagai pengganti cream kulit wajah? Mhon di jawab dok Terimakasih
    Gaeni Ayu Ria  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Gaeni,

    Masker madu dipercaya mampu memiliki khasiat yang baik pada kulit karena kandungan antioksidan, antimikroba dan memberi efek menenangkan kulit. Khasiat ini lah yang dipercaya dapat membuat kulit terhindar dari kerusakan, penuaan dini, mencerahkan kulit dan juga menghindari terjadinya kanker kulit.

    Cara penggunaan masker madu sendiri disesuaikan dengan masalah kulit yang dialami seperti misalnya menggunakan masker madu untuk wajah berjerawat dengan mengoleskan madu pada kulit dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat setelahnya, untuk wajah kering sendiri dapat digunakan masker selama beberapa menit dan kemudian dibilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut. Masker madu juga dapat dicampur dengan bahan alami lain seperti misalnya dengan lemon atau alpukat untuk digunakan pada kulit atau bagian tubuh lain seperti rambut.

    Sebaiknya tidak menggunakan masker selama tidur karena dikhawatirkan dapat terkontaminasi zat lain, menimbulkan reaksi alergi, dan menimbulkan peradangan pada kulit jika digunakan terlalu lama. Untuk itu bilas masker bila telah digunakan selama beberapa waktu sebelum Anda tidur. Dan bila timbul reaksi alergi maka perlu menghentikan penggunaannya dan memeriksakan diri pada dokter jika keluhan memberat dan disertai gejala lain sepert wajah gatal, mata bengkak, timbul bilur atau bentol pada kulit wajat.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.