Tanya Dokter

  • Muka gatal setelah menggunakan masker tomat

  • Selamat malam dok, tadi pagi saya memakai masker tomat, tapi setelah nya muka saya menjadi gatal dan kemerahan tetapi setelah saya mencuci muka dan didiamkan gatal nya menghilang dan kembali seperti semula. Apa itu berbahaya? Dan apa saya harus berhenti memakai masker itu?

    Halo, Nadia. 

    Buah tomat mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah tomat tersebut dapat menghambat radikal bebas dan menambah sistem kekebalan tubuh. Karena banyak manfaatnya buah tomat pun diolah dengan berbagai cara, salah satunya adalah untuk masker wajah. Fungsi buah tomat untuk wajah adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu masker buah tomat memiliki efek yang dapat mengecilkan pori dan menghaluskan jerawat dan kandungan antiradikal bebas yang tinggi dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. 

    Penggunaan masker terkadang memang membuat gatal karena adanya proses penyesuaian kulit wajah dengan zat dari masker tersebut. Hal ini normal selama setalah penggunaanya tidak ada gejala gatal yang terus berlanjut. Perhatikan jika Anda memang alergi terhadapa sesuatu, misalnya saja buah tomat. Nah kalau alergi gatal tersebut bisa dipicu karena alergi. Masker wajah harus benar benar diperhatikan dengan kecocokkan kulit wajah dan tipe kukit wajah sendiri. Harus di perhatikan apabila terdapat gejala gatal yang berlebihan bahkan setelah penggunaan, panas, perih, merah, serta bengkak sebaiknya penggunaannya dihentikan. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter bila hal tersebut terjadi. 

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S