Tanya Dokter

  • dampak dari sering onani pada pria

  •  faridirfan
    Anggota
    Dok apakah onani/masturbasi bagi remaja umur 18thn itu baik/buruk?. Saya pernah baca menurut penelitian onani itu menurunkan resiko kanker prostat

    Faridirfan yang baik,

    masturbasi atau onani merupakan kegiatan seksual seseorang dimana orang tersebut merangsang dirinya sendiri untuk mencari kepuasan yang utama yakni kondisi orgasme. Kondisi orgasme pada pria sering ditandai dengan proses ejakulasi, yakni disemprotkannya cairan sperma dari mulut penis. Namun demikian bagi beberapa golongan atau dari kalangan agama, kegiatan ini dianggap tabu dan sebaiknya tidak dilakukan.

    Terlepas dari kepercayaan agama seseorang mengenai masturbasi, dari sisi medis tidak banyak literatur yang menemukan efek negatif dari masturbasi. Sehingga sulit untuk dikatakan bahwa masturbasi tersebut buruk bagi kesehatan. Selama dilakukan dengan benar, masturbasi tidak menimbulkan efek buruk. Adapun efek buruk yang dapat terjadi meliputi luka pada penis hingga bengkak oleh karena masturbasi yang terlalu berlebihan. Sebaliknya banyak penelitian yang mengungkap bahwa masturbasi dapat membantu menurunkan risiko dari kanker kelenjar prostat pada pria. Lebih jauh mengenai hal ini dapat Anda konsultasikan terhadap spesialis androlog. Berikut kami lampirkan artikel mengenai masturbasi. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief