Tanya Dokter

  • Masuk angin dan berkeringat dingin

  •  Rahayusri
    Anggota
    Dok mau tanya, kenapa yah dok saya gampang banget masuk angin kaya keringet dingin, mual pusing apalagi kalo pake baju ketat dan bahanya enggk menyerap keringat suka tiba tiba gk enak perut kaya kembung dok

    Halo, Rahayu."Masuk Angin" adalah kondisi tubuh tidak fit sehingga gampang menjadi lemas, tidak bertenaga, dan kondisi tubuh lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh  sistem daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh melemah maka tubuh akangampang terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, baketri ataupun jamur. Sehingga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan makan yang teratur, istirahat yang cukup dan olahraga secarateratur. 

    Menggunakan pakaian yang ketat sangat tidak disarankan karena dapat menghambat aliran udara pada tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi pengap dan lembab. Aliran udara juga menjadi terhambat, pori-pori tubuh  terhambat untk mengelurkan keringat sehingga tubuh tidak bisa melepaskan panas secara sempurna. Hal ini dapat memicu munculnya jamur pada tubuh. Selain itu pakaian yang terlalu ketat dapat menekan otot otot sehingga terkadang timbul rasa tidak nyaman dan susah bernafas. Menurut penelitian menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu motilitas(gerakan) dari usus. Hal inilah yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, kembung, atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Namun terkadang kurang disadari. Sebaiknya gunakanlah pakaian yang longgar yang nyaman dan dapat menyerap keringat sehingga Andapun merasa nyaman.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S