Tanya Dokter

  • mata buram, silau, dan sakit kepala

  •  Mairillubis
    Anggota

    Dok saya mau tanya,mata saya buram bahkan tidak melihat walau jarak depan mata,penglihatan seperti silau saja,suka ada cahaya jalan,kadangkadang kepala sakit kalaau mata lagi merah,awalnya buram perlahan,dan ini sudah hampir stengah tahun samapai tak bisa melihat,mata jadi rada jereng Kalau siang suka sepeerti ada rambut" melayang,saya sakit apa dan bagaimana pengobatannya Mohon bantuannya dok? Terima kasih

    Hai, Penurunan penglihatan pada mata dapat disebabkan oleh barbagai macam hal yang berbeda. Penyebab penurunan penglihatan tersebut secara  garis besar dapat dibedakan berdasarkan ciri khas dari gejala pada mata yang ditimbulkannya, apakah menyerang satu atau dua mata, dan apakah terjadi mendadak atau perlahan. Penurunan penglihatan pada mata yang menyerang kedua mata dan terjadi memburuk secara perlahan dapat disebabkan oleh berbagai hal, berikut merupakan beberapa kemungkinannya :

    1. Kelainan refraksi seperti rabun jauh dan rabun dekat
    2. Katarak - kekeruhan pada lensa mata
    3. Glaukoma - tingginya tekanan pada bola mata
    4. Age-related Macular Degeneration - kerusakan pada makula mata
    5. akibat konsumsi obat-obatan tertentu
    6. dan lainnya
    Untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab dari gangguan mata yang Anda alami, Anda harus menemui dokter spesialis mata untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter spesialis mata akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat-alat untuk melihat kondisi mata Anda, seperti dengan slit lamp, ophtalmoscope, dan lainnya. Tanpa menggunakan alat-alat tersebut penyebab keluhan pada mata Anda akan sulit untuk diketahui. Apabila penyebab tersebut telah diketahui, maka pengobatan yang sesuai akan dapat diberikan sesuai dengan penyebabnya. Pengobatan secara lebih dini tentu akan memberikan hasil yang lebih baik.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.