Tanya Dokter

  • Mata sering nyeri dan berdenyut hingga belakang kepala

  •  Kadek Adi
    Anggota

    halo dok. saya kadek umur 20 thn.. saya mau tanya saya punya floaters di mata saya.. mata saya sering nyeri dan berdenyut hingga belakang kepala ( tp kadang hilang);.. jika saya ada di dekat cahaya lampu , penglihatan saya seperti berkedip (gelap-terang).. 3 bulan yg lalu saya sdh perikasa mata ke spesialis mata .. katanya mata saya normal..dan tekanan bola mata saya normal .. Dok..kira2 Mata saya bermasalah atau ada penyakit lain yg bisa mempengaruhi penglihatan saya ??

    Halo Kadek, Keterbatasan dalam sistem tanya jawab online tentu membuat pemeriksaan oleh Dokter Spesialis Mata lebih dapat dipercaya. Dalam hal ini, bila Dokter Spesialis tersebut telah menyatakan bahwa mata Anda normal, dengan tekanan bola mata yang normal, Anda sebetulnya tidak perlu khawatir, karena kemungkinan besar mata Anda memang normal. Penyebab adanya floaters (barang-barang terbang, yang mengikuti gerakan bola mata, lebih jelas bila latar belakang terang dan berwarna cerah) adalah adanya sel-sel di sepanjang jalan cahaya mata. Cahaya mata mula-mula menembus kornea, lalu bilik mata depan, pupil, cairan aqueous humor, vitreous humor dan akhirnya sampai ke retina. Seringkali, sel-sel dalam mata yang mati dan terlepas (proses alami), "berenang" bebas dalam cairan aqueous humor atau vitreous humor, yang akhirnya tampak sebagai floaters. Penyebab lain floaters yang perlu dikhawatirkan adalah peradangan mata (mis. uveitis -- peradangan selaput pelangi mata) atau riwayat benturan mata. Dalam hal ini, ada risiko kerusakan mata apabila tidak ditangani dengan baik. Nyeri mata, berdenyut dan gangguan saat melihat terang perlu dicurigai sebagai glaukoma, terutama glaukoma akut (yaitu peningkatan tekanan bola mata yang merusak saraf mata). Namun, jika tekanan bola mata didapati normal, kemungkinan yang Anda alami adalah:

    • Mata lelah
    • Gangguan ketajaman penglihatan yang tak terkoreksi baik
    • Iritasi kornea, misalnya karena pemakaian lensa kontak
    • Keratitis (infeksi kornea)
    • Uveitis
    Untuk lebih jelasnya, pemeriksaan langsung oleh Dokter akan dapat menentukan apakah mata Anda normal atau mengalami gangguan. Berikut tips untuk Anda:
    • Istirahatkan mata sejenak, setidaknya setiap 20 menit setelah menatap sumber cahaya (mis. layar TV, gadget, monitor, dll.)
    • Gunakan kacamata dengan koreksi yang pas pada ketajaman penglihatan Anda
    • Gunakan kacamata hitam bila perlu saat bepergian di siang hari
    Artikel ini mungkin membantu: 7 cara menjaga kesehatan mata Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Artikel ini mungkin membantu: Mengenali anatomi mata Glaukoma Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.