Tanya Dokter

  • Mata bayi mengeluarkan belek dan seperti darah

  • Dok mau tanya anak saya baru lahir umur 3 Minggu beberapa hari ini mata sebelah kira mengeluarkan belek dan kadang kadang mengeluarkan warna merah seperti darah, apakah berbahaya, dan bagaimana cara mengobati nya.. terima kasih dok

    Halo Bapak Deny, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Meski belum tentu disebabkan oleh suatu penyebab yang serius, kondisi seperti ini sebaiknya terlebih dahulu diperiksakan ke dokter Mata terlebih karena terjadi pada bayi yang masih sangat muda (3 minggu).

    belekan yang terus menerus seperti itu perlu dipastikan bukan disebabkan oleh penyebab seperti infeksi (ophtalmia neonatorum) yang banyak terjadi pada bulan pertama kelahiran, alergi ataupun iritasi akibat bahan-bahan tertentu. Sebenarnya dari keluhan yang menyertai itu banyak dokter dapat menduga kemungkinan penyebabnya, tetapi pada bayi tentunya mereka tidak dapat mengkomunikasikan apa yang dirasakan sehingga diagnosa akan sangat bergantung pada tampilan fisik mata bayi yang pada sebagian be3sar kasus perlu diobservasi secara langsung.

    Warna merah seperti darah, terutama jika terjadi pada bagian putih mata mungkin disebabkan oleh suatu perdarahan subconjunctiva yang tidak berbahaya yang mungkin disebabkan akibat menangis atau mengejan, atau bersin yang terlalu kuat dan pada sebagian besar kasus akan menghilang sendiri dalam 1-3 minggu. Tetapi tidak ada salahnya memeriksakan anak Anda ke dokter.

    Terakhir, jangan sembarangan mengenakan obat tetes mata ke bayi, karena tidak semua obat tetes mata aman dan cocok untuk digunakan pada bayi kecuali atas petunjuk dokter mata Bayi Anda.

    penyakit mata pada bayi yang perlu diwaspadai

    Demikian yang dapat saya sampaiakan, semoga bemranfaat.

     

    dr. Lili