Tanya Dokter

  • Mata kanan nyeri selama 3 hari

  •  Dona Ardina
    Anggota
    Selamat siang dok, saya mau tanya. Mata sebelah kanan saya terasa nyeri sudah tiga hari. Di hari pertama nyeri sedikit, kemudian di hari kedua mata semakin nyeri dan bengkak. Dan di hari ketiga semakin bengkak, terasa sakit dan berair. Kelopak mata atas merah dan semakin bengkak. Menurut saya ini bukan bintitan krn tidak ada benjolan kecil dan tdk mengeluarkan koyoran mata (belekan). Mohon bantuannya dok, apakah ini serius atau hilang sendiri?? Lalu apa obat mata untuk mengobati ini?? Terimakasih

    Halo Dona......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya mata bengkak yang tidak disertai dengan benjolan di dalam Kelopak mata, paling sering disebabkan oleh karena alergi.

    Mata bengkak yang disebabkan oleh karena alergi, dapat juga disertai dengan gejala yang lainnya, diantaranya adalah : mata yang terus menerus mengeluarkan cairan, mata merah, mata terasa gatal.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa saat terpapar alergen atau sesuatu yang menimbulkan alergi ( contohnya : serbuk Sari bunga, debu, jamur, kutu kecil, bulu binatang, dan lain sebagainya ), sistem kekebalan tubuh bereaksi teradap alergen dengan cara mengeluarkan histamin. Zat inilah yang memicu terjadinya mata bengkak.

    Akan tetapi selain oleh karena alergi, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : gigitan serangga atau binatang, kista meibomian, blefaritis === peradangan pada Kelopak mata yang diakibatkan oleh infeksi, dan lain sebagainya.

    Untuk mengobati kondisi ini, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu apabila saat ini pembengkakan masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati