Tanya Dokter

  • Penyebab mata berair pada bayi?

  •  Astri Lestari
    Anggota

    dok kalo mata berair sejak lahir itu kenapa ya?? bayi sodara saya sejak lahir matanya berair. sekarang usianya menginjak 4 bulan. dia mengkonsumsi susu formula + asi dok.

    Hai Astri, 

    Mata berair pada bayi bisa disebabkan berbagai kondisi, diantaranya adalah infeksi pada mata, dan belum berkembangnya saluran pembuangan air mata. Setiap saat mata memproduksi air mata sebagai pelindung mata dan pelumas mata. Cairan ini kemudian akan mengalir ke saluran di sudut mata yang terhubung dengan hidung, yaitu duktus nasolakrimal. Pada bayi, perkembangan saluran air mata ini bisa belum sempurna, sehingga mata bayi mudah berair. Saluran ini juga bisa tersumbat dan terinfeksi sehingga mata mudah berair. Biasanya saluran ini akan berkembang/terbuka setelah beberapa minggu kelahiran. Tetapi bisa juga memerlukan operasi kecil untuk membukanya.

    Mata bayi yang masih jarang berkedip juga bisa menyebabkan kerentanan terhadap infeksi. Infeksi bisa menyebabkan mata lebih berair, misalnya konjungtivitis pada bayi. Saat sedang flu juga bisa mata menjadi lebih berair. 

    Mengingat hal ini sudah berlangsung 4 bulan, sebaiknya saudara Anda membawa anaknya ke dokter spesialis anak, untuk memastikan penyebabnya. Dokter spesialis anak juga bisa merujuk anak saudara Anda pada dokter spesialis mata jika diperlukan. Dokter akan memeriksa mata anak saudara Anda, dan menentukan penanganan yang sesuai. 

    Semoga bermanfaat, 

    dr. Mega