Tanya Dokter

  • pengobatan pada penglihatan ganda

  •  Saiful Jais
    Anggota
    Halo dok, sy Jais umur 24th punya keluhan jika melihat tulisan warna putih (cth subtittle film itu yg paling parah) biasanya ada bayangannya ke atas. Ini terjadi sudah agak lama dok. Dlu pernah seperti ini tp sembuh sendiri. Sekarang udah berhari-hari belum jg sembuh. Tdk hanya tulisan, kadang benda disekitar jg spt itu, ada bayangan di atasnya. Cth penglihatan pada tulisan yg saya rasakan spt link ini dok: Gbr 1 biasa: https://drive.google.com/open?id=1lzOY4rLOYtbVTqAj9pnWrOCMkldihK0z Gambar 2 parah: https://drive.google.com/open?id=10Ra8MPpb_bQxVXnVAhPZrXQI8pTcnL1I Saya mengalami keduanya dok, yg paling terasa parah ketika lihat tulisan putih dilayar. Ada yg bilang karena fotofobia, ada jg yg bilang karena diplopia binokuler. Menurut dokter gejala/keluhan apa yg saya rasakan ini dok? Apakah bisa diobati? Dan apakah berbahaha? Terima kasih

    Halo Saiful Jais....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    KOndisi yang ANda alami memang kemungkinan mereka yang dalam bahasa medis disebut sebagai diplopia, iya itu suatu gangguan penglihatan di mana seseorang melihat dua gambar dari satu object yang berdekatan atau disebut sebagai penglihatan ganda.

    Diplopia dibagi menjadi dua jenis, yaitu : diplopia monokular === gangguan penglihatan ganda yang hanya terjadi pada satu mata --- di mana kondisi akan terus berlanjut bahkan saat mata yang normal tertutup, diplopia binokular === gangguan penglihatan ganda yang terjadi pada kedua mata.

    Berikut ini beberapa penyebab yang menimbulkan diplopia monokular, yaitu : astigmatisma / mata silinder, keratoconus, pterygium, katarak, dislokasi lensa, kelopak mata bengkak, batak kering, adanya masalah di bagian Retina.

    Sedangkan berikut ini penyebab yang menimbulkan diplopia binokular, yaitu : kerusakan pada saraf yang mengendalikan otot ekstraokular, mata juling, diabetes, myasthenia gravis, penyakit graves, trauma pada otot mata.

    Berbahaya atau tidak, serta bisa diobati atau tidaknya kondisi yang Anda alami, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pasti menimbulkan kondisi ini. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit mata, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganannya tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati