Tanya Dokter

  • Mata berkedut dan selalu bergetar

  •  Dew
    Anggota
    Dok mata kiri saya minus 1,5 dan mata kanan minus 0,5. Tapi kenapa mata kiri saya setiap menutup mata selalu bergetar seolah mata saya mau membuka terus? Apakah ini akibat dari mata saya yang minus terlalu jomplang? Apa yang harus saya lakukan?

    Hai Dew,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada penderita rabun jauh (miopia), bayangan obyek yang jauh akan jatuh tidak tepat di retina, melainkan di depannya. Akibatnya, guna memfokuskan bayangan, penderita harus mengakomodasikan matanya terus menerus. Hal ini tentu bisa membuat otot mata menjadi mudah lelah. Kelelahan mata ini akan lebih signifikan terjadi apabila rabun jauh tersebut tidak dikoreksi (misalnya dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak khusus). Kondisi inilah kemungkinan yang memicu keluhan Anda saat ini. 

    Di samping mata lelah (asthenopia), keluhan yang Anda alami mungkin juga disebabkan oleh beberapa kondisi berikut:

    • Tekanan psikologis, misalnya cemas, stres
    • Kelelahan
    • Konsumsi kafein atau alkohol berlebihan
    • Mata kering (xerofthalmia)
    • Defisiensi magneisum
    • Alergi, dan sebagainya

    Meski keluhan seperti ini umumnya bersifat ringan, akan tetapi, jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa sangat membatasi Anda dalam melakukan aktifitas sehari-hari, mengingat mata merupakan organ yang sangat vital fungsinya. Maka dari itu, sebaiknya Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter spesialis mata ya.. Dengan pemeriksaan fisik secara langsung, atau juga dibantu dengan beberapa pemeriksaan penunjang, misalnya menggunakan slitlamp, ofthalmoskopi, umumnya dokter dapat menentukan penanganan terbaik.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda istirahatkan mata Anda dari menatap gadget terlalu lama. Saat berkedut, kompres mata dengan air es atau sendok yang telah didinginkan. Tidur teratur, hindari stres atau cemas berlebihan, serta jauhi rokok dan alkohol.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah