Tanya Dokter

  • Keluhan sensasi pandangan gelap dan berkunang-kunang

  •  Uswaa
    Anggota
    Siang dokkk .. Saya mau tanya nih kenapa ya saat saya berada diluar dan cuacanya sangat terik lalu ketika saya masuk rumah kok semua tampak gelap dan mata berkunang kunang?

    Halo,

    Keluhan sensasi pandangan gelap dan berkunang-kunang mungkin merupakan gejala pusing yang memang dapat diakibatkan oleh terkena sinar matahari terik/berada di suhu udara yang terlalu tinggi. Kondisi  ini disebabkan karena organ mata dan tubuh menyesuaikan perubahan suhu dan intensitas cahaya di luar ruangan dan di dalam ruangan.

    Namun waspadai juga beberapa penyebab keluhan pandangan gelap dan berkunang-kunang yang mungkin memerlukan penanganan medis, seperti di bawah ini :

    • Anemia, kekurangan sel darah merah.
    • Vertigo.
    • Migrain, salahsatu jenis sakit kepala.
    • Dehidrasi, kekurangan cairan.
    • Kadar gula yang sangat rendah di dalam tubuh, biasanya disebabkan rentang waktu makan yang terlalu lama (>10 jam).

     

    Untuk menghindari keluhan yang Anda rasakan, kenali pemicunya seperti berdiri di luar ruangan di bawah sinar matahari yang terik, terlambat makan, tidak cukup mengkonsumsi air minum.

    Terapkan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbangberolahraga rutinberistirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam), konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola hidup sehat meningkatkan stamina tubuh Anda, sehingga mengurangi keluhan pusing.

    Bila keluhan yang Anda rasakan sangat mengganggu dan semakin lama semakin berat intensitasnya, periksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh dan cermat dan bila keluhan dicurigai karena kondisi medis yang serius mungkin Dokter menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, rekam jantung

    Pengobatan yang sesuai penyebab akan diberikan dengan tepat.

    Baca lebih lanjut dalam artikel Alodokter mengenai PUSING. 

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.