Tanya Dokter

  • Penyebab mata gatal, bersin, pilek dan batuk

  •  rhmd92
    Anggota

    hallo dok mau tanya saya .usia saya 25 tahun. saya sering mengalami mata gatal kemudian bersin terus menerus setelah itu pasti pilek. begitu sembuh pilek nya beberpa hari kemudian kambuh seperti itu lagi.sering terjadi d pagi hari.dan ketika mandi pasti saya batuk batuk.saya kerja di perusahaan bergerak dibidang garment.dari ciri - ciri tersebut gejala sakit apa dok dan bagaimana cara pengobatanya.terimakasih

    Salam,

    Adanya keluhan yang Anda rasakan berupa mata berair, bersin dan pilek yang anda rasakan kemungkinan dapat disebabkan oleh reaksi alergi dari bahan atau kondisi tertentu di sekitar Anda. Kondisi ini dapat terjadi terutama bila terdapat riwayat alaergi di keluarga atau dari orang tua kita. Keluhan penyerta dapat berupa mata berair yang dipicu oleh proses radang dari rongga hidung kita; hidung berlendir, bersin, sampai batuk dapat juga menyertai. Dan kondisi ini perlu dipastikan pemicu terjadinya alergi oleh dokter keluarga kita atau dokter THT Anda.

    Namun bila kita tidak mempunyai riwayat atau resiko alergi, beberapa kondisi di bawah ini dapat juga memicu keluhan yang sama, seperti:

    1. infeksi rongga hidung
    2. sinusitis
    3. paparan debu garmen, dimana partikel debu garmen dapat memicu radang pada saluran nafas
    4. radang mata
    5. gangguan sekat pada hidung atau deviasi septum nasi

    Bila keluhan yang Anda rasakan semakin meningkat, terutama setelah Anda pulang kerja, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter THT Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan ini. Dokter akan memastikan peneybab keluhan ini dengan pemeriksaan saluran nafas Anda dan bila diperlukan akan direncanakan pemeriksaan rontgen.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah bila keluhan yang Anda rasakan semakin meningkat, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk bekerja pada bagian lain atau di area yang bebas debu garmen. Gunakanlah maskes saat bekerja, serta lakukan olah raga rutin.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga bisinosis.

    dr. Ulfi