Tanya Dokter

  • Pandangan mata buram pada malam hari

  •  nurwisi
    Anggota

    selamat siang dok.. saya sekarang berusia 21tahun.. pda minggu2 terakhir ini saya mengalami gangguan pada mata, khusunya pda malam hari, penglihatan saya jadi kabur tidak jelas, memang sya stiap hari bekerja d depan layar monitor..

    dan keluarga sya (ayah) pernah melakukan operasi katarak mata.. apakah berpengaruh dg hal tersebut?? apakah katarak bisa menurun kpda anggota keluarga yg lain?? dan apakah saya termasuk gelaja mata minus ato yg lainnya?? mohon penjelasannya dok.. terimakasih

    Halo,

     

    Penglihatan yang kabur bisa disebabkan banyak sekali kasus seperti =

    1. Miopia atau rabun jauh atau minus. Umumnya penglihatan akan terus menerus kabur tanpa ada perbedaan antara siang dan malam, adanya cahaya mungkin akan sedikit membantu namun penglihatan akan tetap tidak jelas.
    2. Hipermetropi atau rabun jauh.
    3. Silinder atau astigmatisma
    4. Rabun ayam, merupakan kondisi dimana terjadi akibat defisiensi vitamin A, bisa menimbulkam gangguan dimana penderita merasa mengalami Gangguan penglihatan pada sore hari.
    5. Katarak, merupakan sebuah kondisi dimana Anda mengalami gangguan penglihatan yakni adanya kabut yang tidak bisa disingkirkan dari lapang pandang. 
    6. Keratitis, infeksi pada kornea, umumnya akan mempengaruhi penglihatan Anda.
    7. Astenopia, atau mata lelah, juga dapat memberikan gejala gangguan penglihatan.
    8. Mata malas/ ambliopia , dimana terjadi gangguan penglihatan namun tidak disertai adanya kelainan spesifik.

    Gangguan penglihatan yang Anda rasakan hanya pada malam hari bisa disebabkan karena banyak faktor, untuk memahami alasan dibalik timbulnya gangguan ini maka pemeriksaan mata yang baik ke dokter mata sebaiknya dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh maka dokter bisa amenyimpulkan penyebab dari gangguan mata yang Anda alami.

    Jika Anda merupakan oranh yang sering berhadapan dengan gadget atau komputer maka istirahatkankan mata Anda setiap 1-2 jam. Hindari terus menerus menatap layar komputer yang bisa menimbulkan gangguan pada mata.

    Perbanyak konsumsi vitamin A, berikan tetes mata buatan untuk menghindari mata menjadi kering.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi