Tanya Dokter

  • Mata hanya melihat keatas dan tidak fokus

  • Siang dok saya mau bertanya pada malam hari saya keluar rumah posisinya saya tidak memakai kacamata dan disaat itu saya pusing pas kembali kerumah tiba tiba mata saya jadi tidak fokus untuk melihat dan semakin lama mata saya maunya melihat kearah atas saja dok ? Itu kenapa ya dok ? Sebelumnya saya mengkonsumsi obat asam lambung dan parasetamol apa ngaruh dok gara gara obat trsebut tidak cocok ?

    Halo Salsha,

    Apabila Anda memiliki gangguan pada mata yang memerlukan kacamata (semisal rabun dekat atau rabun jauh) maka sebaiknya tetap menggunakan kacamata saat berpergian keluar rumah baik di siang maupun malam hari. Hal ini sangat penting sebab selain dari alasan keamanan (misalnya jika mengendarai kendaraan atau menyebrang jalan saat penglihatan nampak kabur), juga mata akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk melihat lebih jelas sehingga terkadang dapat menyebabkan rasa pusing atau tidak nyaman pada area mata.

    Mengenai mata yang maunya melihat ke arah atas saja, tidak fokus untuk melihat dan pusing perlu penelusuran lebih lanjut untuk dapat menentukan penyebabnya, beberapa kemungkinan penyebab antara lain :

    • pusing (berkunang-kunang) yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu misalnya saja gangguan sirkulasi peredaran darah, anemia, dehidrasi serta hipoglikemia (Info lengkap : PUSING)
    • strabismus (mata juling)
    • mata lelah
    • astigmatisma

    Namun untuk memperjelas mengenai keluhan Anda tersebut sebaiknya diperiksakan secara langsung ke dokter atau ke dokter spesialis mata agar dapat diketahui apakah terdapat gangguan pada mata ataukah disebabkan oleh kondisi lain sehingga penglihatan menjadi tidak fokus.

    Efek samping  dari pemakaian parasetamol adalah ruam, tekanan darah rendah hipotensi), gangguan pada hati (terkadang menimbulkan gejala mata dan kulit berwarna kuning) serta gangguan pada ginjal (Info lengkap : PARASETAMOL) sedangkan efek samping dari obat asam lambung tergantung dari kandungan atau komposisi obat asam lambung yang digunakan tersebut.

    Sedangkan untuk memastikan apakah memang disebabkan oleh karena tidak cocok dalam mengkonsumsi obat tersebut harus dipastikan lebih lanjut melalui pemeriksaan dokter sehingga Anda sebaiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memperjelas kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

    Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung terhadap kondisi mata Anda dan pemeriksaan fisik maupun penunjang medis lainnya yang dianggap perlu untuk menegakkan diagnosis (misalnya saja pemeriksaan mata menggunakan alat bantu seperti slit lamp, pemeriksaan penglihatan menggunakan snellen chart, pemeriksaan lapang pandang mata, atau pemeriksaan darah di laboratorium).

     

    Salam,

    dr.Debby Phanggestu