Tanya Dokter

  • mata merah tak kunjung sembuh

  •  yunisalsi
    Anggota
    malam dok anak saya umur 13bln matanya merah tetapi hanya yg sebelah kiri saja..tidak ada kotoran yg keluar ataupun berair..sudah 2 hari matanya merah..apakah mata merah akan hilang sndri apa perlu diberi pengobatan ..terima kasih sebelum nya

    Terima kasih Yunisalsi atas pertanyaannya di forum Alodokter, keadaan mata merah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:
    - konjungtivitis
    - keratitis
    - ulkus kornea
    - iritasi mata
    - kondisi infeksi pada mata lainnya
    - pengaruh sakit kepala
    - glaukoma

    Konjungtivitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri. Memang benar pada konjungtivitis ini secara umum dapat timbul gejala berupa:
    - mata merah
    - adanya kotoran mata
    - mata berair 
    - mata gatal atau perih

    Namun perlu diketahui bahwa tiap-tiap penyebab masalah konjungtivitis ini memiliki gejala yang berbeda-beda. Contoh pada penyebab konjungtivitis akibat masalah virus biasanya mata dapat mengeluarkan kotoran namun tidak kental seperti masalah konjungtivitis akibat bakteri sehingga mungkin dapat sulit dikenali bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, ada baiknya bila gejala mata merah yang berkepanjangan tetap dapat dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait guna dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi yang sedang dialami saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar konjungtivitis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra