Tanya Dokter

  • Mata merah saat pengobatan cacar air pada anak

  •  yunisalsi
    Anggota
    pagi dok..anak saya umur 13 bulan cacar air sudah 7 hari dan sudah pada kering ..tetapi hari kedua cacar air mata kiri anak saya merah sampai sekarang sudah 6 hari masih merah..tidak bengkak ridak berair dan tidakkeluar kotoran..apakah mata merah itu pengaruh obat antibiotik kira" akan sembuh dlm brp hari?perlukah untuk periksa ke dokter. terima kasih sebelumnya
    yunisalsi  yunisalsi
    Anggota
    mohon jawabannya dok

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya infeksi cacar air akan disertai keluhan penyerta berupa ruam merah, gatal, bintik berisi air, mata merah, demam, batuk, mual, nafsu makan menurun. Dengan demikian, anak atau pasien dengan cacar air dapat mengalami keluhan mata merah dan dapat disertai mata berair atau tidak, mata bengkak atau tidak, serta mata lengket atau tidak. Sehingga bila cacar air sudah sembuh, mata merah akan beragsur membaik beberapa hari setelahnya.

    Hal ini menunjukkan, kondisi fisik Anak Anda masih belum sepenuhnya pulih, sehingga alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter keluarga Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi kondisi Anak Anda. Dokter akan memastikan, proses infeksi sudah masuk dalam fase pemulihan, atau ada komplikasi lain yang perlu dikontrol, seperti komplikasi sesak, diare, dehisrasi, serta nafsu makan yang tidak kunjung meningkat.

    Dengan demikian, pada hari ke 7 ini, fase pemulihan sudah berjalan, dan dengan pemeriksaan lanjutan ke dokter, diharapkan fase pemulihan ini dapat berjalan dengan baik.

    Yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan kebutuhan air, susu/ASI, dan makanan tambahan yang bergizi untuk anak Ibu. 

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga cacar-air.

    dr. Ulfi