Tanya Dokter

  • Penyebab mata merah saat memakai softlens

  • Mlm dok, saya mau nanya. Kenapa ya mata saya selalu memerah saat memakai softlens, lebih merah lagi saat saya melepas softlens tersebut setalah beberapa jam saya pakai. Padahal kebersihan & kadar air sudah saya perhatikan. Tidak ada rasa gatal atau perih, dan ini akan sembuh sendiri saat saya bangun dari tidur. Tapi akan terulang saat memakai softlens lagi. Ini kenapa ya dok ? Bahaya kah ?? Tolong jawabanya & terimakasih.

    Halo,   Mata merah saat menggunakan softlens bisa timbul sebagai akibat dari :

    1. iritasi mata akibat jenis softlens.
    2. Softlens tidak higienis.
    3. mata kering.
    4. Infeksi.
    5. Softlens expired.
    6. Menggunakan softlens terlalu lama
    7. Dll.
    Walaupun kondisi mata Anda membaik setelah melepas softlens dan bangun tidur, namun jangan sepelekan kondisi ini. Penggunaan softlens yang tidak sesuai bisa mengganggu kesehatan mata dan bahkan beresiko mengganggu penglihatan Anda. Hentikan penggunaan doftlens Anda jika timbul iritasi seperti yang Anda keluhkan, pastikan menjaga kebersihan softlens dan tempat penimpanan softlens, tetskan air mata khusus untuk pengguna softlens dan segera lepas softlens Anda jika berenang atau tidur, sebaiknya penggunaan softlens tidak melebihi 8 jam sehari. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Iya dok, mata saya memang berasa kering saat memakai softlens. Mungkin itu penyebabnya .. Lalu apa yg harus saya lakukan dok ??