Tanya Dokter

  • Mengatasi mata merah sebelah

  •  Lucianna Chen
    Anggota
    Alloww dokter... Mata saya beda minus Yg kanan 5.50 Yg kiri 2.50 Saya mw tny ...saya pengguna soft lens Tiap hari saya memakai soft lens Dr jam 12 s/d jam 4.30 Kdg bisa memakai sampai jam 6 sore Mata kanan saya tidak begitu merah Tp mengapa mata kiri saya merah? Pdhal saya tiap hari membersihkan soft lens Sebelum / sesudah memakai softlens Apa yg hrs saya lakukan jika mata saya merah sebelah?? Terimakasih... Saya butuh saran dr dokter
    Lucianna Chen  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Luciana,

    Berdasarkan apa yang Anda sampaikan, saya asumsikan mata Anda merah tetapi tidak mengalami penurunan tajam penglihatan atau tidak bertambah kabur ya, dengan kata lain keluhan Anda berupa mata merah visus tidak turun.

    Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata merah visus tidak turun diantaranya yaitu:

    Ada kemungkinan mata merah disebabkan karena iritasi terhadap lensa kontak yang Anda gunakan. Coba dilihat kadaluarsa atau maksimal masa pemakaian lensa kontak. Apakah lensa kontak Anda sudah seharusnya diganti? Coba hentikan pemakaian lensa kontak dulu sampai kondisi mata membaik.

    Namun untuk memastikannya tentu saja tetap dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Apabila dalam 3 hari mata merah belum perbaikan atau justru disertai dengan keluhan lain seperti mata semakin kabur, ada kotoran mata, silau, nyeri, mual, atau pusing, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter mata agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lajut untuk mengetahui penyebabnya bila perlu dengan funduskopi, slitlamp, dan tonometri. Selanjutnya dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Perlu diketahui bahwa penggunaan lensa kontak memiliki beberapa resiko seperti mata kering, keratitis, ulkus kornea, konjungtivitis, dan kemungkinan terburuk adalah kebutaan. Oleh sebab itu jika mengalami masalah saat menggunakan kontak lens, langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi langsung pada dokter mata.

    Beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    • Ganti lensa kontak dengan yang baru
    • Untuk sementara gunakan kacamata dulu sampai sembuh
    • Pastikan Anda menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh lensa kontak
    • Ganti cairan lensa kontak lebih sering
    • Hindari memakai lensa kontak saat tidur atau berenang
    • Teteskan air mata buatan sesuai anjuran dokter mata untuk mencegah mata kering selama penggunaan lensa kontak
    • Isirahatkan mata jika lelah

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Resiko lensa kontak
    Mata merah

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y