Tanya Dokter

  • Mata merah setiap bangun tidur

  • Dok. Kenapa mata saya setiap bangun tidur memerah walaun cuma sedikit tidak banyak. Awal nya mata saya suka ada yang menjanggal setiap saya berkedip, karna itu saya suka mengucek mata saya hingga merah pekat. Lalu saya beli obat mata xitrol. Yang saya guna 1x sehari namun saya cuma memakai selama 4 hari.8 Mata merah sudah berangsur hilang dan pemakaiaan saya hentikan . Namun kenapa setiap bangun tidur mata saya suka merah. Apa itu efek dari saya suka mengucek mata ya dok?
    Yudhi Fernando  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Yudhi Fernando,

     

    Mata merah terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi pada jaringan bening pembungkus bola mata (konjungtiva). Iritasi ini dapat terjadi karena adanya infeksi seperti pada konjungtivitis, adanya trauma seperti gesekan pada bola mata (mengucek), benda asing, atau reaksi alergi.

     

    Pada umumnya, mata tidak akan menjadi merah saat bangun tidur karena dalam keadaan tidur, mata beristirahat dan tidak terjadi kekeringan pada mata karena pada saat tidur, kelopak mata tertutup dan hal ini menjadi pelindung mata dari ancaman trauma atau benda asing.

     

    Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui penyebab dari mata yang kerap menjadi merah atau terasa mengganjal sehingga dengan demikian dapat diberikan penanganan untuk mengatasi keluhan pada mata anda.

     

    Selain itu, hindari untuk menggunakan obat tetes mata tanpa adanya anjuran dari dokter. Hindari juga kebiasaan untuk mengucek mata. Anda dapat melakukan kompres mata dengan menggunakan air hangat setidaknya 2 kali dalam sehari dan mengistirahatkan mata setidaknya 10 menit setiap 2 jam apabila anda bekerja dengan menggunakan monitor.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi