Tanya Dokter

  • Apakah harus menggunakan kacamata pada penderita rabun jauh?

  •  Qisthi Kamila
    Anggota

    Assalamualaikum dok.. Sekarang usia saya 19 tahun dok, sedang kuliah semester 3, ketika saya masih smp, disekolah ada periksa mata umum, dan saya di vonis minus 1, kemudian beberapa minggu kemudian saya cek ke optik dan mata saya sehat sehat saja, minus 0,25, saya sempat melakukan gurah mata juga sekitar 2 atau 3 kali. Semakin kesini saya merasa pandangan saya semakin kabur, saya tidak mau memakai kacamata karena takut ketergantungan dan gak bisa lepas dari kacamata, tapi kondisinya sudah seperti ini, mohon pendapatnya dokter, apa saya tetap harus memakai kacamata? Terimakasih dokter atas kesempatan dan respon anda ? Wassalalamualaikum

    Halo, Kacamata merupakan alat bantu guna memperbaiki penglihatan yang kurang jelas. Selama penglihatan tidak dikoreksi secara permanen seperti dengan melakukan operasi, maka diperlukan alat bantu (kaca mata) agar dapat melihat jelas. Saran saya gunakan kacamata yang nyaman untuk membantu mengoptimalkan penglihatan saat ini. Pada mata minus cahaya yang masuk jatuh didepan retina, hal ini disebabkan oleh lensa yang terlalu cembung. Pada umumnya disertai gejala:

    1. Sulit melihat pada jarak jauh,
    2. Menyipitkan  mata pada saat melihat,
    3. Mata terasa cepat tegang dan lelah,
    4. Hingga sakit kepala.
    Pada kasus mata minus dapat dilakukan koreksi penglihatan dengan bantuan alat seperti kaca mata maupun lensa kontak. Namun bila tidak ingin menggunakan alat bantu dapat melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki lensa mata (LASIK, Photo Refractive Keratomy hingga implan lensa intra okuler). Namun sebelum melakukan pilihan sebaiknya lakukan kontrol dan konsultasi ke dokter spesialis mata. Untuk menjaga mata dapat melakukan beberapa tips berikut ini:
    • Hindari Rokok,
    • Gunakan kacamata UV pada saat matahari terik,
    • Istirahatkan mata secara berkala ketika aktifitas (membaca, menonton tv, bermain gadget),
    • Makan makanan bergizi dan yang kaya dengan vitamin A.
    Untuk lebih mengenal tentang mata minus dapat membuka laman mata minus. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.